299

Asumsi Tingkat 2

Salah satu teknik deklerer dikenal dengan istilah  Second degree assumption (Asumsi Tingkat 2), suatu istilah yang dipopulerkan oleh Terence Reese, seorang pemain hebat dan penulis bridge ternama dari England. Second degree assumption artinya, jika anda mengasumsikan satu hal, posisi honor tertentu misalnya, maka anda harus menyusun strategi sedemikian rupa seolah-olah kartu lainnya yang anda cari memang berdasarkan asumsi pertama tadi.

Saya menemukan tema ini pada waktu Frans Waleleng Invitation Pairs April 2008 lalu.

Pada kondisi semua aman, penawaran berlangsung sebagai berikut:  

Selatan Barat Utara Timur
1H 2D 3H (weak) pass
4H X all pass  

Barat memulai permainan dengan  ♦A dan melanjutkan dengan ♦K ketika Timur ikut dengan  ♦10 pada kesempatan pertama. Beginilah kartu dummy dan kartu anda sebagai deklerer.

 

Dummy
♠ 105
♥ Q986
♦ 432
♣ J954
 
Declarer
♠ AJ43
♥ A10754
♦ 8
♣ AQ3

 

Bagaiaman anda melanjutkan?

Agar kontrak sukses, maka anda harus menempatkan posisi ♣K di Timur (asumsi pertama). Jika tidak maka loser anda akan 4, 1 dari setiap warna.  Ketika Barat melakukan double penalti sendiri, anda harus menempatkan semua kartu tinggi lainnya ada di Barat (asumsi tingkat 2). Perlukah mengasumsikan posisi ♣10?

Mari kita lanjutkan dulu. Deklerer kemudian memainkan ♥ A, setelah meneruf lanjutan ♦ pada trik ke-2. Anda melihat ♥ K muncul dari Barat. Lha, ini pasti singleton. So, bagaimana selanjutnya?

Hayo, Barat seditnya sudah memperlihatkan 10 HCP, Timur dengan sinyal Diamondnya, sudah memperlihatkan 3 point, ♦Q dan ♥J, ditambah dengan asumsi anda dia harus pegang ♣K. 6 Point sudah, ya sisanya semestinya di Barat. 

Deklerer kemudian melanjutkan main heart ke Queen, betul saja Barat diskad, dan selanjutnya anda ruf diamond yang menghilangkan semua kartu exit. Selanjutnya?

Dari analisa tadi berdasarkan asumsi tingkat-2, deklerer kemudian memainkan spade kecil dari tangan!!! Barat menang dengan Queen dan dia kena end-play untuk pertama kalinya. 

Berikut adalah distribsi selengkapnya.

  Utara  
  ♠ 102  
  ♥ Q986  
  ♦ 432  
  ♣ J954  
 
Barat   Timur
♠ KQ97   ♠ 865
♥ K   ♥ J32
♦ AKJ76   ♦ Q1095
♣ 1065   ♣ K87
 
  Declarer  
  ♠ AJ43  
  ♥ A10754  
  ♦ 8  
  ♣ AQ3  

Analisa mendalam mengatakan bahwa ♣10 harus ada di Barat, jika tidak kontrak akan gagal, silakan diperiksa. 

Sekarang pengembalian club akan menghasil 3 trik club dan menyelamatkan kontrak. Oleh karena itu, Barat kembali spade. Bila Barat kembali ♠K, declarer menang ♠A dan  cash ♠J untuk diskad club di meja. Spade ruff. Timur bisa overruf tapi dia kena endplay. Jika dia diskad club, maka declarer akan finesse club dan mendapatkan 3 trik club. Jika dia buang diamond, dia akan kena throw-in dengan memainkan heart. Hal yang sama akan terjadi jika Barat kembali small spade. Suatu papan yang mengasyikkan. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *