631

World Class Defense By Waluyan

 

Bermain dengan dan atau melawan pemain kelas dunia menyisakan momen-momen dan pengalaman yang menarik.  Saya punya kesempatan untuk bermain dengan pemain nasional Indonesia, Taufik Asbi pada turnamen ” Alex Frans Memorial Invitation Pair on April 2006″ lalu. Sebelumnya kami sudah pernah berpasangan ketika Taufik masih menjadi mahasiswa di ITB, di sebuah kota sejuk Bandung sekitar 150km di Timur Jakarta.

Papan ini memperlihatkan momen menarik dalam sisi pertahanan, sebuah aspek yang susah dalam bridge karena kedua pemain bertahan terlibat dan harus saling mengerti dalam rencana pertahanan mereka. 

Bintang lapangan dalam partai ini adalah Ferdy Waluyan, sebuah nama yang tak asing lagi di dunia bridge nasional sejak tahun 1970-an hingga sekarang. Papan ini memperlihatkan ketajaman analisa Ferdy sehingga mempersusah deklerer dalam menyelamatkan kontraknya. 

Kontrak berhenti di level rendah 2H tanpa ada gangguan bidding dari lawan.

Utara     South

1D         1H

2H  semua pass

Barat mulai dengan ♣3 (4th best) dan berikut adalah distribusi lengkapnya.  

  Dummy  
  ♠ A1043  
  ♥ K854  
  ♦ A94  
  ♣ Q4  
 
West   East/Ferdy
♠ K86   ♠ J972
♥ 32   ♥ Q96
♦ KJ75   ♦ 10863
♣ K1083   ♣ A2
 
  Declarer  
  ♠ Q5  
  ♥ AJ107  
  ♦ Q2  
  ♣ J9765  

 

Ferdy Waluyan, mantan pemain nasional dengan prestasi segudang yang duduk di Timur menang trik pertama dengan ♣A dan dengan cepat switched ♦8, ♦Q, ♦K dan ♦A. Club berikutnya dimenangkan Very di Barat dengan King. Barat kemudian memainkan ♦J dan diamond yang di truf oleh Taufik. Bagaimana selanjutnya?

Declarer akhir memilih running ♥J (mungkin main small club ruff dengan 8 lebih baik), tetapi Ferdy menang dengan ♥Q. Saat kritis tercipta. Mari berpikir sejenak. Mengetahui bahwa deklerer memegang distribusi 2425 dan ditopang oleh posisi spade yang tidak bisa diserang, Ferdy melakukan killing defense dengan memainkan diamond, double void!!! Ini adalah satu-satunya defense yang mungkin bisa menggagalkan kontrak.

Jika defender kembali heart, Declarer akan setup club. Pengembalian spade, jika deklerer guess dengan baik, dia akan mendapatkan 9 trik. Bahkan jika deklerer main salah pun, deklerer akan tetap dapat menyelamatkan kontraknya dengan setup (menuakan) club dan menggunakan truf sbg penangkap. 

Pengembalian diamond menyebabkan declarer kehilangan kontrol. Dia tidak dapat lagi set up club. Dibutuhkan permainan yang teliti untuk memenuhi kontrak ini.  Ada 2 cara, yakni menemukan posisi ♠K secara benar atau juga ♥9. Jika anda menempatkan  ♠K di Timur, setelah mendiskad club di tangan dan menerufnya di meja, mainkan small spade ke arah Queen. Seperti terlihat cara ini akan gagal.

Jika anda menempatkan ♠K sama Barat, setelah ruff diamond di meja dan diskad club di tangan, tarik semua truf dan mainkan ♣J and club, throw-in Barat. Bagi yang suka menghitung point defender, anda akan menemukan bahwa kedua pemain bertahan mungkin pegang ♠K. 

Cara lain menyelamatkan kontrak adalah dengan menempatkan ♥9 di Barat. Setelah meneruf diamond di meja, dan mendiskad spade di tangan, mainkan ♠A dan spade ruff. Club ruff dengan ♥K dan ruff spade berikutnya. Lanjutan club akan di ruff dengan ♥8, en-passan. sayang sekali, Timur yang pegang ♥9 sehingga kontrak gagal. Selamat untuk pihak bertahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *