248

Pencentage Play Lagi di Grandslam

Saya menemukan kontrak grand slam lagi dalam pertandingan lokal. Kontrak dicapai setelah melalui penawaran sebagai berikut:

Utara Timur Selatan Barat
1H 2S 3C pass
3S pass 3NT pass
4C pass 4D pass
4NT pass 5NT pass
7C pass pass pass

 

Kartu pembuka dari Barat adalah  ♦K, rencanakan permainan anda!.

Dummy
♠ J85
♥ AKQ972
♦ void
♣ A765
 
Declarer
♠ A43
♥ 10
♦ A987
♣ KQ964

 

Bagaimana anda melanjutkan?

Berikut adalah pilihan anda:

-Finesse heart, tetapi saya pikir tidak ada seorang pun yang akan melakukannya. Disamping peluangnya hanya 50%, ada peluang lain yang lebih besar misalnya terbagi 3-3 atau HJ jatuh doubleton.

-Ruff habis semua diamond (3x), tetapi anda kekurangan entry untuk melakukan ini.

-Cabut truf. Jika terbagi rata 2-2, coba setup heart dan berharap terbagi tidak lebih buruk dari 4-2. Cukup 4 trik H telah menyelamatkan kontrak anda. 7 trik club, 4 trik H, dan 2 As. Tetapi jika terbagi 3-1, anda harus berdoa mendapatkan 5 trik Heart. Ada variasi ketika truf terbagi 3-1 dan lead sedang di Selatan. Anda bisa finesse heart. prosentase akan lebih besar jika Timur yang pegang 3 lembar truf (vacant places).  Tetapi jika Barat yang panjang truf, berharaplah heart terbagi tidak lebih jelek dari 4-2.

Saya gagal menyelesaikan kontrak ini ketika truf terbagi 3 (barat)-1(Timur) dan Barat pegang 5 kartu heart dengan jack, Timur selembar ♥8. Tapi saya tidak kecewa karena cara main yang dipilih sudah mempunyai prosentase tertinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *