244

Jangan Abaikan Trik Pertama

Ketika defender memulai permainan dengan kartu pembukanya dan kartu dummy dibuka, sebagai deklerer anda harus berpikir secara hati-hati bagaimana menyelamatkan kontrak. Perhatikan kartu dummy secara seksama dan ambilah waktu berpikir dengan baik sebelum memainkan kartu pertama dari dummy. Banyak kontrak yang gagal karena deklerer ceroboh pada trik pertama. Pada deal berikut ini, anda bisa menghilangkan tebakan jika anda bermain hati-hati pada trik pertama.

Berikut jalannya penawaran:

Selatan Barat Utara Timur
1S pass 2D pass
2S pass 3S pass
4C pass 4NT pass
5S pass 6S all pass

Barat memulai permainan dengan ♥7, bagaimana rencana anda?

Ya, loser anda ada 2 yakni club dan heart. Jika heart kena finesse, tugas anda lebih gampang. So, anda bermain kecil dari dummy dan sedikit kaget ketika Timur ruff trik ini dan seketika kembali club. Kontrak anda dalam bahaya.

 

  Dummy  
  ♠A J  
  ♥A J 10 5  
  ♦A Q 10 4 2  
  ♣J 3  
     
  Selatan  
  ♠ KQ9842  
  ♥Q 4 2  
  ♦ void  
  ♣ A1062  

Bagaimana melanjutkannya? 

Setelah menang dengan ♣ A, rencana yang paling logis adalah mendapatkan trik tambahan di diamond. 

Trik berikutnya, deklerer main spade ke arah Jack di dummy dan diikuti dengan diamond kecil ruff. Kemudian ketika main spade lagi, Barat diskad ♥, deklerer berasumsi bahwa distribusi Barat adalah 1633. Agar sukses, Barat harus memegang satu honor diamond, Jack atau King. Jadi deklerer melanjutkan ♦A dan harus menebak apakah main ♦ kecil dan ruff berharap ♦K jatuh atau maupun ♦Q untuk pin ♦J. Seperti terlihat bahwa cara main yang benar adalah ♦Q, pin ♦J. 

Apakah anda mencatat bahwa sebetulnya Deklerer tidak perlu melakukan tebakan dengan cara memainkan  ♥Q pada trik pertama.  Misalkan sewaktu menang dengan ♠A, deklerer ruff lagi small diamond. Dan cabut truf. Deklerer bisa menggunakan penangkapnya di heart entry untuk memainkan ♦A. Ketika ♦J jatuh di Barat, deklerer bisa finesse King Timur.

So, berhati-hatilah memainkan kartu anda pada trik pertama. Ketika deklere gagal unblock  ♥Q, barat bisa menghalangi deklerer dengan memainkan ♥K pada saat yang tepat. Akibatnya, declarer akan kekurangan entry. 

Inilah distribusi lengkapnya

  Dummy  
  ♠A J  
  ♥A J 10 5  
  ♦A Q 10 4 2  
  ♣J 3  
     
Barat   Timur
♠ 5   ♠10 7 6 3 
♥ K98753   ♥ void 
♦ J62   ♦ K9843 
♣ K75   ♣ Q984
  Selatan  
  ♠ KQ9842  
  ♥Q 4 2  
  ♦ void  
  ♣ A1062  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *