283

Double Dummy Defense

Pada sesi terakhir dalam pertandingan dengan sistem swiss, anda harus memenangkan pertandingan dengan angka maksimal untuk merengkuh mahkota juara. Tetapi untuk mendapatkan itu, regu anda tentunya harus berada di peringkat-perinkgat atas. Jika begini kondisinya maka lawan yang bakal anda hadapi juga adalah team yang kuat. Jadi anda harus lebih tajam baik dalam bidding, play dan terutama defense.

Saya menemukan kasus ini dalam sebuah turnamen lokal. Pada kesempatan pertama bersuara, saya memuka penawran dengan  1D (precision), LHO pass, partner bid 1NT, RHO pass demikian juga saya. tiba-tiba LHO bid 2D (majors), partner pass, RHO bid 2H. Partner dalam posisi balancing, melakukan double untuk take out, dan saya dengan pegangan  ♠ K1095 ♥ KJ105 ♦ 865; ♣ AJ mengubahnya menjadi penalti.

Agar lebih jelas, penawaran berlangsung sbb:

Anda Utara Partner Selatan
    1D pass
1NT pass pass 2D(*)
pass 2H pass pass
X all pass

Pertanyaan pertama adalah kartu pembuka. Kartu apa yang anda pilih membuka permainan? Pilihannya adalah ♠9, ♥10/J, ♦6. Club bukanlah pilihan saya dengan pegangan seperti ini. Setelah berpikir cukup lama, akhirnya saya memilih  ♦6 sebagai kartu pembuka. kartu dumm pun dibuka.

 

  Dummy
  ♠ A J 8 2
  ♥ Q 8 72
  ♦ QJ107
  ♣ 9
 
You
♠ K1095
♥ KJ105
♦ 865
♣ A

Declarer memainkan ♦Q, partner memainkan kartu kecil. Deklerer melanjutkan dengan  ♣9. Anda menang dengan ♣J. Apa selanjutnya?

Kartu ini akan menentukan kesuksesan tim anda. Jika anda menemukan kartu yang benar, team anda sedikitnya merengkuh juara-2, jika gagal anda akan meraih peringkat ke-5. 

Apa berikutnya? Spade? Heart? atau diamond lagi?

Mari lakukan perhitungan. Indikasi apa yang anda dapatkan dari cara main deklerer? Seperti terlihat deklerer tidak punya 2 honor berurut dari club, disamping ♦Anya. Kemudian partner pegang ♦K. Dengan demikian partner sudah memperlihatkan ♦K dengan ♣Q atau ♣K. Honornyang hilang adalah ♥A dan ♠Q. kartu yang manakah yang ada di tangan partner? Jika hanya pegang ♠Q (7 atau 8 point), partner tidak akan melakukan double di posisi balancing. jadi partner harus pegang ♥A doubleton atau singleton. Karena dia bid 1NT, kemungkinan besar dia pegang 2 kartu di heart. Jadi, anda kini melakukan defense seperti double dummy (semua kartu terbuka) untuk bisa menggugurkan kontrak ini. 

Jadi kartu apa yang akan anda mainkan berikutnya?

  Dummy  
  ♠ A J 8 2      
  ♥ Q 8 7 2
  ♦ QJ10 7
  ♣ 9
 
Anda   Partner
♠ K1095   ♠ 7 6 3
♥ KJ105   ♥ A3
♦ 865   ♦ K93
♣ AJ   ♣ K8764
 
  Declarer  
  ♠ Q4  
  ♥ 9 6 4  
  ♦ A74  
  ♣ Q10532  

Pengembalian terbaik adalah ♥J. Jika deklerer menindih ini, defender akan memainkan 4x heart. Dengan cara ini deklerer hanya punya 4 trik diamond, 1 trik heart dan 2 trik spade, total 7. Jika deklerer main kecil di meja, heart berikutnya akan dimenangkan partner. Partner kemudian akan kembali diamond, declarer menang di dummy. Diamond ke As menghasilkan posisi berikut ini:

  Dummy  
  ♠ A J 8 2      
  ♥ Q 8
  ♦ 7
 
 
West   East
♠ K1095   ♠ 7 6 3
♥ K 10  
♦ –   ♦ –
♣ A   ♣ K876
 
  Declarer  
  ♠ Q4  
  ♥ 9  
  ♦ –  
  ♣ Q1053  

Sejauh ini, deklerer baru mengantongi 3 trik diamond. Dia dalam posisi dilemma. Jika dia ruff club, kemudian memainkan diamond terakhir, Anda di barat akan ruff dan menarik truf terakhir. Kendati anda kena throw-in, deklerer hanya punya 7 trick, 3 diamond, 1 club ruff and 3 spade trick. Bahkan hanya 6 trik jika barat kembali ♠K!!! Sebaliknya, jika declarer finesse spade dan ruff spade ketiga, ruff club, sudah tidak ada entry lagi untuk membuat ♥Q en-passan. Yang mana pun akan menghasilkan maksimal 7 trik bagi deklerer. Sebuah defense yang susah namun sebetulnya bisa ditemukan. Saya saya gagal menemukannya sehingga team kami terlembar ke tempat ke-5. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *