295

Cara Main Yang Logis

Dalam kondisi bahaya yang menguntungan, lawan bahaya kita aman, lawan sebelah kanan buka strong NT  (15-17 Hcp), saya memegang  ♠ 3 ♥Q3 ♦AKJ873 ♣ 9763 dan overcall 3D. Semua pass. Barat mulai dengan  ♥5 (3/5). Rencanakan permainan anda!

Dummy
♠ Q J 7 2
♥ 10 8 7 2
♦ 6 5
♣ A Q J
 
Deklerer
♠ 3
♥ Q3
♦ AKJ873
♣ 9763

 

Timur menang dengan  ♥ K dan beralih memainkan diamond kecil. Timur yang cerdik tak memberi saya kesempatan mengetahui pembagian point lawan. Akhirnya saya memilih memainkan ♦ A dan melanjutkan finesse club. Timur menang dengan King dan kembali spade kecil. Pengembalian ini menyelamatkan kontrak. Menang dengan ♠ A, barat kembali club. Ini posisi kartu setelah 5 trik dan defender telah memenangkan  3 trick.

Dummy
♠ Q J 7
♥ 10 8 7
♦ 6
♣ A
 
Declarer
♥ Q
♦ KJ873
♣ 97

 

Bagaimana anda melanjutkan? Ada yang berpikir Ruffing finesse spade untuk membuang heart? Ini tentu saja tidak logis. Jika anda melakukan itu, anda menganggap club terbagi rata agar bisa ke meja untuk finesse diamond dan cash spade. Oh iya, sudahkah anda menghitung point lawan? Jika anda jeli, semua kartu tinggi yang hilang setelah munculnya ♠ A di Barat semestinya semua ada di Timur (kecuali ♥ J). Jadi cara main paling logis adalah finess diamond, cabut truf sekali lagi dan mainkan heart. Timur kena  end-play. (Kenapa diasumsikan ♥ J di Barat?. Logis sekali jika Timur cash sekali lagi heart jika dia pegang AKJ dan tidak beresiko kembali spade pada trik ke-4. )

Berikut adalah distribusi kartu selengkapnya

 

  Dummy  
  ♠ Q J 7 2  
  ♥ 10 8 7 2
  ♦ 6 5
  ♣ A Q J
 
Barat   Timur
♠ A 10 6 5   ♠ K 9 x x
♥ J 6 5   ♥ A K 9 x
♦ x x   ♦ Q x x
♣ 10 x x x   ♣ K x
 
  Declarer  
  ♠ 3  
  ♥ Q3  
  ♦ AKJ873  
  ♣ 9 7 6 3  

 

Aspek menarik adalah ketika Timur kembali club pada trik ke-4. Menang di meja, kemudian deklerer akan finesse diamond. Sekali lagi truf, kemudian memainkan spade. Jika Barat yang teoritis main kecil, maka kontrak akan selamat. Perhatikan Barat akan kena squezze di 3 warna, spade, club dan heart.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *