244

Serangan Yang Tak Biasa

Pihak bertahan acapkali menemukan switch yang mematikan dipertengahan permainan. Seperti pada diagram di bawah, setelah Selatan pass, Barat pada keadaan bahaya dan lawan tidak membuka penawaran dengan 2♠ (weak-2), Utara double take out, Timur pass, dan Selatan loncat ke 4. Setelah lama berpikir, Utara akhirnya pass dengan pegangan 19 HCP. Barat memulai permainan dengan ♠A dan melanjutkan spade setelah anda diskad pada trik pertama. Bagaimana rencana pertahanan anda ?

 

  ♠ Q 10 4 3
  ♥ A 9 4  
  ♦ A Q 4 3  
  ♣ A K  
    Anda (Timur)
    ♠ void
    ♥ Q 10 8 7 2
    ♦ 6 5
    ♣ 10 x x x x
 

 

Pertanyaan pertama, apa yang anda diskad pada trik pertama?  

Sebagian besar defender akan diskad diamond pada trik pertama. Misalkan anda ruff trik kedua dan melihat deklerer memainakn ♠K nya. Apa yang anda mainkan berikutnya untuk menggagalkan kontrak? Jika deklerer pegang  ♦K dan 5 kartu heart, tidak ada yang bisa anda lakukan. Demikian juga jika declarer pegang ♠Kxx dan 5 kartu heart, declarer sudah punya 10 tricks. Jadi harapan anda adalah declarer hanya pegang 2 kartu spades (berarti partner punya 7 kartu) dan tidak ada ♦K. Dengan analisa seperti ini, apakah pengembalian terbaik anda? Pengembalian terbaik anda adalah diamond dan ketika anda mendapatkan lead lagi, kembali lagi diamond. Cara defense seperti ini akan mematahkan squeeze. Jadi jangan diskad diamond anda!!!

Jika anda mengembalikan selain diamond, Barat akan kena squeeze di diamond dan spade. Misalkan anda kembali club, dummy menang. Declarer cash ♥A, kaget sebentar dan kemudian memberikan lead ke anda dengan menunda heart. Menangkan club berikutnya di meja, deklerer finesse heart dan heart berikutnya akan mensqueeze Barat. Barat yang malang tidak bisa menjadi dua warna spade dan  diamond. 

Distribusi lengkap adalah sebagai berikut:

 

  ♠ Q 10 4 3
  ♥ A 9 4  
  ♦ A Q 4 3  
  ♣ A K  
West   East
♠A J x x x x x   ♠ void
♥ void   ♥ Q 10 8 7 2
♦ K 10 9   ♦ 6 5
♣ x x x   ♣ 10 x x x x
  Selatan
  ♠ K x
  ♥ K J x x x
  ♦ J x x x
  ♣ Q J

 

Apakah anda melihat cara lain untuk menggagalkan kontrak ini? Misalkan anda terlanjur diskad diamond. Cara paling gampang adalah dengan diskad juga, jangan di truf sehingga membuat deklerer jadi dilema. Ya, pertahanan adalah aspek paling susah dalam bridge.  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *