310

Perencanaan Penangkap atau Entry

 

Bila anda menggunakan sistem strong club seperti precisiony, anda harus siap menghadapi gangguan penawaran dari pihak lawan. Ini terjadi pada papan ini.  Utara buka strong club, 1C, Timur overcall 1S, anda double yang menyatakan 5-7 point, Barat menaikkan tawaran ke 2S. Utara double, anda bid 3D (seharusnya 3H), Utara 4C dan anda bid bid 4H yang menjadi kontrak akhir. 

Kartu pembuka Barat adalah ♠Q, bagaimana rencana main anda ketika melihat kartu anda dan dummy sebagai berikut?

Dummy

♠ A 2

♥ K Q J 4

♦ K

♣ A K 7 6 5 2

Anda 

♠ 9 8 7

♥ 10 9 5 3

♦ A 9 8 4

♣ J 3

Banyak deklerer yang gagal dalam mengeksekusi kontrak ini dan yang menggunakan sistem standar, kadang di Selatan memilih pass sehingga kontrak berhenti pada level terendah 1C. 

Deklerer di meja saya gagal mendapatkan trik ke-10 ketika Club tidak terbagi rata. Beginilah rencana umum yang dilakukan deklerer.  

T1, menang dengan ♠ A, kemudian 

T2, Cash ♦K

T3-4 Mainkan A dan K.

Sayang sekali Timur ruff trik ini dan dari informasi penawaran mengetahui bahwa deklerer hanya pegang 4 kartu truf, Timur dengan sigap kembali truf detelah terlebih dahulu cash spadenya. Deklerer kemudian hanya mendapatkan 9 trik saja karena yang ruff adalah yang 2 kartu truf sehingga Barat akhirnya menikmati trufnya ketika Barat melakukan crossruff.

Seharusnya deklerer menyadari bahwa dia tidak punya entry cepat ke tangan untuk mendiskad loser spade meja. Jadi tidaklah berguna untuk menguangkan  ♦K segera.

Ada solusi yang lebih baik atas persoalan ini jika deklerer merencanakan permainan dengan lebih teliti. Hal yang perlu diperhatikan adalah jika club terbagi tidak rata.  

Jadi langsung mainkan ♣ A dan K, bedanya anda belum memainkan ♦K di meja karena ini bisa digunakan sebagai entry untuk menuakan club.  

Misalkan Tiur ruff club kedua dan cash ♠K dan kembali truf. Barat menang dengan A dan memainkan lagi truf. 

Menang di dummy anda ruff club, kemudian diamond ke King (disinilah bedanya, anda menjaga adanya entry ke dummy), untuk ruff lagi club dengan truf terakhir anda.

Sekarang anda bisa meneruf ♦A anda dummy, dan menarik truf terakhir diluar dan menimati club yang sudah bebas. 

Sangat sederhana jika anda memikirkannya dengan teliti. 

Berikut adalah distribusi lengkap.

 

  ♠ A 2  
  ♥ K Q J 4  
  ♦ K  
  ♣ A K 7 6 5 2  
Barat   Timur
♠ Q J x   ♠ K 10 x x x
♥ A x x   ♥ x x
♦ Q J x   ♦ 10 x x x x
♣ Q 9 x x   ♣ 10
  Deklerer  
  ♠ 9 8 7  
  ♥ 10 9 7 3  
  ♦ A 9 8 4  
  ♣ J 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *