244

Safety Play

 

Bagaimana anda menangani problem dalam menghadapai pihak bertahan yang tidak mempunyai standard tentang sinyal distribusi mereka.  

Saya menemukan problem ini ketika bermain melawan robot pada bridge base online. 

Dealer South
Vurn All
   
  North
  ♠10 5
  ♥ J976
  ♦ AK765
  ♣108
   
  South
  ♠AKJ2
  ♥ AK42
  ♦ Q10
  ♣A93

Setelah membuka penawaran dengan 2NT, saya akhirnya bermain di 4. Barat memulai permainan dengan kartu pembuka 3. Timur memainkan Jack ketika anda memainkan kartu diamond kecil dari dummy. 

Bagaimana  rencana anda untuk memenuhi kontrak ini?

 

Jika truf (heart) terbagi rata, anda akan berpesta pora dengan segudang trik. Satu-satunya bahaya jika heart pincang, misalnya 4-1 (adakah peluang jika heart terbagi 5-0? ) dan dang nyonya tidak jatuh. 

Jadi saya memainkan ♥ AK, dan sayang sekali kekawatiran saya muncul, Barat buang club pada heart kedua. Terus bagaimana dong?

Karena melwan pasangan tanpa mengetahui konvensi mereka, misalnya sinyal distribusi mereka atau leadnya, saya harus berhati-hati nih. 

Akhirnya saya memilih cash  ♦ 10 tanpa menindihnya di dummy karena berasumsi bahwa diamond terbagi  4-2.

Langkah selanjutnya bagaimana untuk memenuhi kontrak ini?

Secara prosentase, dengan hanya pegang 5 lembar club berdua, 3 di tangan dan 2 di dummy, dibandingkan dengan 6 kartu spade di kedua tangah, peluang lebih besar bahwa spade terbagi tidak rata daripada club. Jika spade terbagi 5-2 dan Barat pegang sang nyonya, kontrak dalam bahaya jika kita mencoba meneruf spade untuk ke dummy. 

Dengan rencana ini di kepala, akhirnya saya memilih bermain safety play dengan memainkan spade kecil ke arah 10 di meja dan kontrak akan selamat di manapun posisi ♠Q, dengan catatan spade terbagi tidak lebih jelek dari 5-2.

Beginilah distribusi lengkap ke empat pegangan.

 

Dealer South  
Vurn All  
     
  North  
  ♠10 5  
  ♥ J976  
  ♦ AK765  
  ♣108  
West   East
♠Q8765   ♠93
♥ 5   ♥ Q1083
♦ 643   ♦ J92
♣KJ76   ♣Q542
  South  
  ♠AKJ2  
  ♥ AK42  
  ♦ Q10  
  ♣A93  

Kebetulan diamond terbagi 3-3, sehingga jika anda overtake ♦ 10, di meja dan memainkan terus diamond akan didapat 11 trik dengan distribusi di atas. Tetapi jika diamond tidak rata, kontrak anda dalam bahaya. Tugas utama deklerer adalah menyelamatkan kontrak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *