305

Cerita Si Angka 9

 

Ada papan menarik pada babak final PLN Cup 2012 lalu tentan cerita si angka 9. Anda harus membawakan kontrak game 4♥ setelah melalui penawaran sebagai berikut: Sebagai dealer anda buka 1♠ dan partner respond dengan 2♣. Anda rebid rebid 2♥ dan kemudian rebid ♥ setelah partner bid 2NT. Contract akhir adalah 4♥.

 
  Partner  
  ♠ J  
  ♥ J62  
  ♦ AQ5  
  ♣ A98765  
     
  Anda  
  ♠ AQ984  
  ♥ A9854  
  ♦ J10  
  ♣ 2  
     

Kartu pembuka Barat adalah ♦ 9, bagaimana rencana anda?

Deklerer finesse finesse trik pertama dan Timur menang dengan ♦K. Bagaimanakah defense terbaik?

Salah satu deklerer mendapatkan pengembalian club pada trik ke-2. Dia memenangkannya di dummy dan mainkan 2 trik diamond, sebelum melakukan crossruff. (♠ A, ♠ ruff, ♣ ruff, spade ruff, dan club ruff). Pada trik ini, Timur membuang kartu menangnya ♠K. Tetapi deklerer punya cara mengatasinya dengan meneruf spadenya yang sduah tua dengan  ♥J, sementara Barat membuang diamond terakhirnya. Timur overruff ♥Q.

Berikut adalah 3 kartu terakhir : Selatan ♥A98; Barat ♥K7 ♣10; Utara gak penting Timur ♥103 dan ♦3.

Ketika Timur kembali diamond, deklerer ruff dengan  ♥8, dan memperlihatkan kartu terakhirnyanya ♥A9. Terima kasih untuk angka 9 yang sangat menentukan di sini, dengan bantuan angka 8 tentunya.


Saya sebagai deklerer menerima kartu pembuka yang sama, tetapi Timur melakukan defense yang tajam dengan kembali truf. Barat menang dengan ♥K dan memainkan truf lagi. Deklerer menang dengan ♥A dan kini giliran anda untuk bermain. 

 

Setela berpikir cukup lama, deklerer akhirnya menemukan solusi terbaik. Main ke dummy dengan diamond, dan kemudian memainkan ♠J. Ketika Timur kecil, deklerer bermain kecil juga!!! Ketika ini menang, deklerer memainkan diamond lainnya dilanjutkan dengan ♣A dan ♣ ruff, dan spade ruff. Ketika club dimainkan dari dummy, Timur dalam kesulitan. Membuang spade, akan menjadikan semua spade deklerer tua semua, sementara diskad diamond, dia akan kena endplay. Akhirnya, Timur memilih membuang diamondnya, dan deklerer behasil membaca distribusi dengan tepat dengan memainkan truf terakhir ke Timur, dan harus kembali spade.  
Jika Timur tindih ♠J dengan ♠K, situasi yang sama akan terjadi, terima kasih kepada ♠9.

Beginilah distribusi lengkap.

 

  Partner  
  ♠ J  
  ♥ J62  
  ♦ AQ5  
  ♣ A98765  
♠ 765   ♠ K1032
♥ K7   ♥ Q103
♦ 9876   ♦ K543
♣ K1043   ♣ QJ
  You  
  ♠ AQ984  
  ♥ A9854  
  ♦ J10  
  ♣ 2  
     

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *