240

Ini Bukan Match Point Bung

Ada 2 (dua) cara penilaian yang umum dalam bridge, imp dan match point. Pada cara pertama, anda bisa bermain aman, karena perbedaan nilai tipis tidak berlalu berpengaruh sehingga kita bisa bermain aman dengan jalan mengamankan kontrak kita. Sementara penilaian cara kedua, perbedaan nilai sedikit saja bisa memberi perbedaan macth point yang besar. Overtrick kadang harus diusahakan kendatipun ini membahayakan kontrak. Bidding sangat agresif dan double pada kontrak yang kegagalannya kecil akan dilakukan, ringkasnya sedikit beresiko.

Saya menemukan karakteristik seperti ini pada pertandingan team dengan penilaian IMP. Saya membuka penawaran dengan  1S (precision), LHO overcall 2H, partner menaikan ke 2S, RHO melakukan information double, saya pass. LHO bid 3D(natural), semua pass, dan kembali ke saya dan saya reopen 3S. RHO melakukan double penalti.

Saya LHO Partner RHO
1S 2H! 2S X
pass 3D pass pass
3S pass pass X

 

Barat mulai diamond kecil. Beginilah kartu anda dan dummy.

Dummy
♠ J 8 2
♥ Q 8 7 2
♦ K 8 6
♣ 8 6 5
 
Declarer
♠ A 10 9 4 3
♥ K 4
♦ J 4
♣ A J 3 2

 

Bagaimana anda merencanakan permainan? Ada bahaya anda akan down lebih dari 1 trik. Anda dapat melihat kontrak 3D bisa dipenuhi oleh lawan. Jadi anda harus berusaha agar kontrak maksimum hanya boleh 1 down.

Saya memainkan diamond kecil dari dummy dan Timur menang dengan  ♦A. Dia kembali club kecil. Untuk mendapat peluang lebih saya coba taroh ♣J, tetapi Barat menang dengan ♣K. Club berikutnya saya menangkan dengan As atas ♣Q Timur. Saya kemudian melanjutkan club ke tiga, Timur menang dan semua pemain ikut.

Pengembalian diamond dimenangkan di meja. Selanjutnya diamond ruff, dan kemudian saya memainkan heart kecil ke arah Queen yang menang. Selanjutnya heart lagi ke arah King yang kini sendirian. Pada saat ini Timur memainkan Jack. Barat menang dengan ♥A dan melanjutkan heart lagi. Saya ruff, dan Timur diskad diamond.

Inilah posisi 4 kartu terakhir. 

 

Dummy
♠ J 8 2
♥ 8
 
Declarer
♠ A 10 9
♣ 2

 

Saya menghitung distribusi Barat, 5 lembar heart dengan sedikitnya 4 kartu diamond. Dia juga sudah memperlihatkan 3 kartu club, jadi maksimum dia hanya pegang selembar spade.  Dalam hal point, dia sudah memperlihatkan ♥A, ♣ K and ♦Q. Jadi barat pegang selembar honor spade.

Dengan analisa demikian, saya mainkan ♠A dan menyaksikan Barat ikut dengan ♠Q. Saya ruff club terakhir saya dengan ♠J dengan hasil 1 down, hanya sebuah hasil yang seimbang karena 3D juga bikin di meja lain. Adakah anda menyadari bahwa barat melakukan overcall hanya dengan  11 HCP dengan hanya 5 kartu heart dan selembar  ♠Q di warna lawan? Ini bukan pertandingan match point kenapa harus menawar begitu beresiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *