Rury Andhani Best Declarer Play Hua Yuan Cup 2015

Spread the love

Turnamen Bridge Hua Yuan Cup 2015 Beijing diikuti oleh para pemain bridge wanita kesohor dunia dan memberikan hadiah yang menggiurkan. Di samping hadiah untuk pertandingan team dan pasangan mereka juga memberikan hadiah untuk penawaran terbaik dan deklerer terbaik. Sebetulnya juga untuk defense terbaik namun tidak ada yang melaporkan kasus defense.

Artikel untuk penawaran terbaik dapat dilihat di Penawaran Terbaik Hua Yuan Cup 2015

Untuk best declarer play, hadiah utama jatuh ke tangan pemain putri Indonesia, Rury Andhani yang bersaing dengan 2 pemain lainnya dari USA dan England, yakni  Hjordis Eythorsdottir (USA) dan Fiona (England).

Pemenang ke-1, Rury Andhani  (Indonesia)

Trik itu pun musnah….

Ketika berhadapan dengan pasangan muda Cina, Liu Jing dan Lan Shuai, Rury Andhani pemain putri Pertamina Indonesia, dengan pegangan tanpa satupun HCP, harus memainkan kontrak 4♦ dari arah Selatan (kartu diputar sedemikian rupa sehingga lebih nyaman dilihat.)

  Conny S  
  ♠A83  
  ♥AQJ4  
  ♦AKQ2  
  ♣76  
     
♠5                ♠KQJ9642
♥K832         ♥1095
♦J107          ♦5
♣AKQ98     ♣J5
  Rury  
  ♠107  
  ♥76  
  ♦98643  
  ♣10432  

Conny di utara membuka penawaran dengan 1C (precision), dalam kondisi semua aman, Timur overcall 3S. Rury di selatan pass demikian juga barat. Tetapi Conny menawar 3NT yang di pass oleh timur dan Rury di selatan. Tetapi barat melakukan penalti double, yang ketika sampai di tangan Rury Selatan, dia memilih kabur ke 4D yang menjadi kontrak akhir.

Barat memulai permainan dengan ♣A. ketika mendapati partnernya turun dengan ♣5, beralih ke spade. Seperti terlihat dengan bermain 3 kali ♣, kontrak dengan gampang digugurkan. Rury tentu memanfaatkan sebuah peluang ini. Menang dengan ♠A, Rury pun mencabut truf sebanyak 3 kali karena diamond terbagi 3-1 di luar. Kemudian dia melanjutkan dengan club dari meja. Timur main ♣J dan memenangkan trik ini ketika barat ikut kecil.

Timur kemudian main ♠K, dan semuanya terlihat biasa saja. Ketika timur memainkan ♠Q, beginilah kondisi kartu tersisa.

 

  Conny S  
  ♠3  
  ♥AQJ4  
  ♦2  
   
     
♠              ♠QJ9
♥K832         ♥1095
♦          ♦ 
♣KQ     ♣  
  Rury  
   
  ♥76  
  ♦98  
  ♣104   

Ketika Rury ruff SQ, barat berada dalam kesulitan. 

Jika dia buang heart, Rury akan finesse heart dan kemudian cash HA dan ruff heart yang merontokkan HK. dengan menggunakan truf terakhir sebagai entry ke dummy.

Jika dia buang club, Rury akan tetap finesse heart, dan kemudian kembali ke tangan dengan diamond. Pada saat yang sama, barat kena squeeze di suit heart dan club. Sebuah akhir yang indah.

 

Pemenang ke-2, Hjordis Eythorsdottir (USA)

Double Squeeze Tak Serentak

Pada ronde ke-2 Hua Yuan Cup World Women Elite Bridge Tournament, tim kuat USA berhadapan dengan sang juara Beijing Hua Yuan. papan 15 ini memperlihatkan kehebatan pertarungan dalam para pemain elite putri dari semua aspek permainan  mulai dari bidding, play dan cara bertahan.

Round 2, papan no  15, U-S bhy, Selatan Dealer (untuk kenyamanan, papan diputar sedemikian rupa sehingga utara menjadi selatan, dst..)

     
  ♠AQ102   
  ♥98   
  ♦87643   
  ♣83  
     
♠K97653         ♠84  
♥763         ♥AJ
♦Q           ♦J952
♣A92    ♣J10765 
  Hjordis (Disa)  
  ♠J  
  ♥KQ10542  
  ♦AK10  
  ♣KQ4  

Hjordis membuka penawaran dengan 1H, barat overcall dengan 1S dan Utara 1NT. Disa melakukan forcing bid 2S dan setelah mendengar 2NT dari partnernya menawar game 4H.

Barat memulai permainan dengan DQ. Bagaimana anda memainkannya?

Deklerer langsung memainkan CK. Sepintas kontrak aman, tetapi tidak demikian halnya dengan defensif pemain Cina. Barat menang dengan CA dan menyerang heart. Timur menang dengan HA, dan jika dia kembali heart, kontrak aman bahkan bisa didapat 11 trik dengan finesse diamond. Tetapi Timur kembali diamond, dan tanpa pikir panjang Disa memainkan DK, barat pun ruff. 

Terancamkah kontrak ini? 

Buktinya Disa klaim dengan menulis +620 di kolom skornya ketika barat kembali truf. Lho kenapa?

Begini penjelasan Disa. Dia akan memainkan semua kartu trufnya sehingga tersisa 4 kartu di tangan yakni: SJ, D10 dan CQ4. Pada trik ini, atau tepatnya pada trik ke-9, Barat sudah kena squeeze di warna spade dan club sehingga harus melepaskan penjagaan di suit club, sehingga pegangannya tersisa selembar club dan SKxx.

Timur masih lega, bisa menyisakan 2 kartu club dan DJ dan selembar spade.

Pada trik ke-10, Disa akan finesse spade ke Q, Timur ikut. Nah ketika Disa cash SA, sekarang Timur yang kena squeeze karena harus menjaga diamond dan club. Trik ke 10 saya adalah C4 katanya.

Klaim Disa baru beberapa trik permainan memperlihatkan kualitas permainannya yang mumpuni. Klaimnya pun diterima.

 

Pemenang ketiga: Fiona Brown (England)

Safety First.

     
  ♠AJ532   
  ♥K9   
  ♦7543   
  ♣96  
     
  Fiona  
  ♠void  
  ♥A76542  
  ♦void  
  ♣AKQJ104  

Fiona mendarat pada kontrak small slam 6C dan menerima kartu pembuka DA.

Bagaimana anda mengeksekusi kontrak ini?

Semua deklerer yang bermain 6C berhasil menyelesaikan kontrak ini dengan hasil +1, sementara Fiona hanya book tetapi dia sangat senang dengan kekalahan 1 imp tersebut.

Fiona ruff diamond di tangan dan main heart ke King, kemudian ketika dia main lagi heart, ketika lawan ikut ♥10, dia bermain kecil di tangan!!! Dengan cara bermain aman ini kontrak tidak bisa digugurkan. Seandainya dia taroh ♥A dan kena ruff, maka kontrak dalam bahaya. Ingat jumlah heart deklerer berdua 8 lembar sehingga besar juga peluang terbagi 4-1. Saya menjulukinya BIMBI yaitu sederhana tapi manis.

 

 

   

 

  

  

 

  

 

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *