324

Bridge Professional, Memang Menggiurkan!!!

Pada tulisan terdahulu, Bridge Professional, Bagaimana dengan Pemain Indonesia,  telah dituliskan bahwa penghasilan para pemain bridge pro adalah 6 digit mata uang dollar amerika dalam setahunnya. Angka ini jauh lebih baik dari para engineer atau programmer di negara Paman Sam sana. Akibatnya Bridge Pro telah menarik minat para pakar dari bidang lain. Contoh paling anyar adalah Player of the year ACBL 2015 Cedric Lorenzini dari France. Pemegang gelar doktor dalam bidang Kimia Polymer ini lebih memilih berkiprah di dunia bridge pro dari pada mengandalkan gelar S3-nya.

Di samping uang saku yang besar, para pemain bridge pro juga menikmati tinggal di hotel berbintang, diangkut dengan jets pribadi dan menikmati makanan yang mahal serta bersosialisasi dengan orang-orang berduit. Tentunya bonus menanti jika berprestasi. Jelas sekali menjadi pemain bridge professional memang menggiurkan.

Sama seperti pengacara, bayaran pemain bridge pro ditentukan oleh:

 

1. Track record anda, dan tentunya dengan pasangan jika anda dikontrak berpasangan.

2. Untuk event apa anda dibayar? Latihan di klub, atau main dipertandingan resmi? Kalo di Amrik, ada 3 tingkatan kejuaraan yang bisa anda ikuti, sectional, regional dan nasional. Bayaran untuk masing-masing event ini akan berbeda. 

3. Oh ya, tempat tinggal anda juga menentukan bayaran anda. Ini karena sponsor akan melihat biaya hidup para pemain bridge pro. Jika tinggal di metropolitan misalnya, bayaran lebih tinggi daripada jika tinggal di kota kecil. Karena itu banyak pemain top sekarang pindah domisili ke daerah mahal. Mungkin juga berlaku untuk para pemain luar Amerika. Mereka akan membayar lebih mahal untuk pemain dengan asal negara yang punya biaya hidup lebih tinggi.

Berikut adalah rata-rata bayaran yang diterima oleh para pemain bridge pro. Yang ditampilkan disini adalah para pemain top yang sudah pernah sukses di event nasional Amrik. Event nasionalnya Amrik 3 kali lho dalam setahun.

1. Latihan di klub bayaran pemain pro berkisar antara US$75-300 sekali latihan (3-4jam)

2. Event Sectional, US$250-800 per hari. Biasanya terdiri atas 2 sesi masing-masing 3-4 jam.

3. Event regional US$300-1,000 per hari. 

4. Event Nasional, US$ 500-3,000 per hari

Tentu tidak ada pemain pro yang mau diajak untuk main sehari saja dalam event regional atau nasional. Umumnya selama event berlangsung sehingga total bayarannya tinggal dikalikan saja. Biasanya ada kontrak khusus dengan sponsor.

Dengan penghasilan demikian, memang hidup sebagai pemain bridge pro menggiurkan. Menjalankan hobby, menikmati permainannya, menikmati fasilitas lain dan mendapatkan uang yang tidak sedikit.

Merindukan hal yang sama di Indonesia……..

Disarikan dari tulisan Gavin Wolpert, Mike Develin dan Jim Griffin 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *