364

Percentage Play dari Arena Seleknas Girls

Jawara babak kualifikasi Seleksi Nasional Penentuan Peringkat untuk Girls adalah Pasangan Dwi Agustine/Hanie Faizah dari Unsri Palembang. Redaksi sempat menonton pasangan ini pada beberapa papan dengan penguasaan teknik bidding dan deklerer yang baik.
 
Pada papan berikut ini di sesi ke 7 babak semifinal, Faizah berhasil membawakan kontrak 3NT dengan baik, yang sebetulnya mengandung banyak pelajaran berharga.
 
Mari kita simak.
Memegang ♠72 ♥QJ3 ♦K10 ♣QJ7653
 
Lawan sebelah kiri sebagai dealer membuka penawaran dengan 1D, partner melakukan take out double. Lawan sebelah kanan pass, dan Faizah melakukan tawaran invitasi ke 3C. Sebuah pengetahuan yang baik tentang take out double. Lawan sebelah kiri pass, dan partner Dwi Agustine menawar 3S (5+ Spade) dan mempersilah partner memilih kontrak game terbaik. Faizah pun menawar 3NT pada sisi yang tepat.
 
Lawan memulai permainan dengan 9 (4th best), bukan yang terbaik tentunya dengan pegangan AQJ98. Para ahli akan memilih lead Q atau I pada pegangan seperti ini.
 
Inilah kartu partner dan anda selengkapnya.
 
Kontrak 3NT opening lead D9.
 
♠ AKQ85
♥ A65
♦ 65
♣ A109
 
♠ 72
♥ QJ3
♦ K10
♣ QJ7653
 
Atas 9, lawan sebelah kanan memainkan 3 pada trik pertama.
Bagaimana selanjutnya?
Langkah pertama dalam kontrak NT adalah menghitung jumlah trik pasti. Dengan 1 trik diamond di tangan, anda butuh 8 trik lagi. yang pasti dari ♠ ada 3 (bisa 5 sih kalo terbagi rata 3-3), 1 dari heart dan 1 dari club, sehingga baru ada 6 trik pasti.
 
Dari mana anda mencari tambahan trik?
Banyak yang langsung menjawab dari club, tapi tunggu dulu.
Mari kita hitung point berdua, 17 di meja dan 9 di tangan anda, total 26. Dengan lawan sebelah kiri membuka penawaran maka kemungkinan paling besar semua honor ada sama lawan sebelah kiri sehingga finesse club atau heart kemungkinan besar berhasil. Sialnya jika ada 1 kartu kunci yang ada di sebelah kanan, sehingga jika finesse lolos kontrak langsung mati.
 
Apakah ini hanya tebakan, suit mana yang harus dimainkan?
Misalkan finesse heart sukses, kontrak anda tergantung dari distribusi spade. Jika terbagi rata 3-3, akan didapat 9 trik, 5 spade, 2 heart, 1 diamond dan 1 club. Defense yang baik tentu tidak akan menindih heart putaran pertama, lho kenapa?
 
Jika demikian halnya, maka deklerer berkesempatan melakukan test dulu  pembagian spade, Jika rata anda klaim kontrak, tetapi jika pincang, maka deklerer akan naik dengan J dan finesse club. Makanya jika lawan bermain kecil, deklerer pun tidak sempat melakukan test. Kesimpulannya, dengan bermain finesse heart, kontrak akan sukses jika heart kena finesse dan spade terbagi rata. Cukup kecil peluangnya, 50% kali 36% atau hanya 18% saja. Lihat video prosentase pembagian kartu!   Peluang sebenarnya lebih besar dari itu karena kemungkinan lawan sebelah kiri pegang honor heart sangat besar dilihat dari penawarannya.
 
Bagaimana dengan main club.
Kontrak akan selamat dan bahkan overtrik jika lawan sebelah kiri pegang (LHO) selembar atau 2 lembar club bila memulai dengan ♣ Q atau ♣ J. Bila dia pegang 3 atau 4 lembar, anda bisa mencari cara lain. Bila LHO pegang ♣ K 3 lembar dan anda menang dengan ♣ 10 pada trik ketiga. Anda bisa mengetes pembagian spade dan secara cermat mengamati buangan LHO. Spade rata kontrak plus satu, jika tidak anda berharap LHO hanya pegang 5 lembar diamond. setelah Cash ♣ A dan mainkanlah diamond dan berharap LHO juga pegang K. Dengan demikian anda mendapatkan 3 trik ♣ , 1 trik , 3 trik ♠ dan 2 trik . Cara main seperti ini mempunyai presentasi yang jauh lebih baik.
 
Dan inilah cara yang ditempuh oleh Faizah dan ketika ♣K dua lembar di sebelah kiri, dan spade terbagi rata maka diapun mengambil semua trik. Ternyata heart lead akan menggagalkan kontrak.
 
Bila ternyata bahwa ♣K yang salah tempat dan spade terbagi rata para deklerer yang memilih finesse heart yang akan sukses. Tetapi ingat bahwa bridge adalah permainan prosentase sehingga deklerer yang memilih finesse club lah yang lebih sering sukses dari pada yang memilih finesse heart pada pada papan-papan lainnya.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *