246

Guessing……

Dalam sebuah latihan, tanpa ganguan lawan anda dihadapkan pada kontrak berikut ini: 
 
Penawaran berlangsung sbb:
 
Dealer Utara.
Anda LHO Partner RHO
    pass pass
1C pass 2C pass
2D pass 2S pass
3NT pass pass pass
 
Barat memulai permainan dengan 6, beginilah kartu anda dan dummy
 
♠ AK109
♥ 6
♦ 872
♣ QJ876
 
♠ 54
 KQJ3
 KQ9
♣ AK103
 
Timur ikut dengan 10, bagaimana rencana main anda?
Hayo mari kita berhitung. Di suit spade, sudah ada 2 trik, dari club 5 dan 1 trik dari diamond bisa didapat segera. Hanya butuh tambahan, 1 trik lagi. 
 
Sebelum memainkan trik berikutnya, perlu diperiksa. Adakah bahaya mengancam?
 
Pertama, dari lead Barat kelihatannya dari 5 kartu….. Wah kontrak dalam bahaya jika Barat lead dari  AJxxx. Bila Timur menang dengan A, kontrak anda langsung gugur.
 
Untuk mengatasi ini adakah solusinya?
Terlintas dalam pikiran, kalo begitu biarkan diamond pertama dimenangkan oleh Timur, kemudian kembalian diamond akan memutuskan komunikasi antara Barat dan Timur. Sehingga tidak ada gunanya Barat menunda trik ini karena Timur akan kehabisan diamond sewaktu menang A nanti. Bila dia tunda kemungkinan dia cuma lead dari 4 kartu yang tidak membahayakan kontrak anda.
 
Sesaat kemudian, saya melihat bahaya lain, lho kalo Barat yang pegang A gagal dong kontraknya. Cara yang benar dalam hal ini adalah memenangkan diamond dan bebaskan heart.
 
Pusing dengan pilihan ini, tidak ada yang terbaik dan pasti yang bisa anda lakukan untuk menyelamatkan kontrak, kecuali noong…. (hus, gak boleh ya ngintip kartu lawan)…. Hanya menerka dan itu adalah keputusan anda.
 
Akhirnya saya pilih memenangkan trik pertama karena ada tambahan peluang dengan memenangkan trik pertama, dan menyeberang ke dummy menggunakan club,  dan main heart. Timur bisa slip dengan membiarkan anda “guess” warna heart. Ketika heart trik sudah di kantong, buru-burulah klaim 9 trik.
 
  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *