305

Memanfaatkan Urutan Main Kartu untuk Sinyal yang Legal

 
Akhir-akhir ini lagi marak diperbicangkan tentang kecurangan dalam permainan bridge. Adalah Boye Brogeland dari Norway yang berani berbicara tentang hal ini sehingga dia dianugerahi sebagai bridge personality of the year 2015. Kecurangan yang dilakukan oleh para pemain top adalah memberitahukan informasi secara ilegal apakah dengan batuk-batuk, variasi cara mendorong tirai, cara memposisikan kartu sewaktu lead, dan lain sebagainya.. Semua cara-cara tersebut adalah ILEGAL. 
 
Banyak cara sebetulnya yang bisa digunakan untuk memberitahukan kepada partner tentang distribusi dan pegangan kita secara sah. Misalnya dari konvensi lead 3/5, aturan pengembalian dan cara main kita yang tidak biasa, seperti yang dialami pada partai berikut ini.
 
Pada kondisi semua bahaya, Selatan membuka penawaran dengan 1NT (12-14), barat pass, Utara kemudian transfer ke club dengan menawar 2NT. Kontrak pun berakhir di 3C.
 
Duduk di Barat dengan pegangan berikut ini: ♠ QJ6 ♥ AJ65 ♦ A954 ♣ 54. Akhirnya saya memilih lead ♠Q dan inilah kartu dummy.
 
♠ K3
 976
 105
♣ KQ10986
 
Setelah berpikir sejenak, deklerer main ♠K dari meja untuk kemenangan partner.
Partner kemudian kembali 8, ke queen deklerer yang saya menangkan dengan A.
Janjian dengan partner, ketika lead dan kembalian adalah 3/5. Jadi kemungkinan partner kembali dari 2 kartu heart dengan 8 paling gede. Dengan demikian kembali heart diluar pilihan yang tersedia.
 
Bagaimana kalo cash ♠J, wah takut juga jangan-jangan deklerer pegang ♠10 sehingga nantinya dia bisa discard loser nya. Dengan pertimbangan demikian, akhirnya saya memilih kembali pasif, ♣5.
 
Deklerer bermain ♣10 dari meja, dan memenangkan ♣J partner dengan ♣A. Kemudian deklerer main club ke dummy, partner ikut. 
 
Pada trik ke 5, deklerer lead ♠3 dari dummy, partner dengan cekatan bermain ♠10 dan saya biarkan menang.
 
Inilah kartu partner yang tersisa ♠8xx 102 QJ3 ♣ -. Bagaimana rencana defense anda di Timur?
Untuk lebih jelas, inilah posisi kartu setelah 6 trik.
 
  dummy  
  ♠-  
  97  
  105  
  ♣Q976  
Anda   partner
♠J   ♠875
J54   102
A943   QJ3
♣-   ♣-
  9  
  K3  
  K872  
  ♣3  
 
Anda sekarang pada posisi Timur yang memegang lead setelah menang dengan ♠10.
Kartu apa yang anda mainkan berikutnya?
 
Karena anda melihat semua kartu, tentunya anda akan kembali honor diamond.
Tetapi adakah pesan lain yang ingin Timur sampaikan ke Barat?
Seperti terlihat dengan defence maksimal kontrak akan gugur 2.
Ya, pesannya adalah bahwa anda di Timur juga punya 10 sehingga bila Barat pegang J, kontrak akan gugur 2 jika Barat serang heart setelah menang dengan A.
 
Partner saya di Timur kembali J….
Saya harus berpikir, dari pegangan apa partner kembali diamond?
Yang paling tidak mungkin adalah pegang Jxx(x) karena kalau dia mau kembali diamond pasti diamond kecil untuk pegangan demikian. Dari kombinasi AJx(x) gak mungkin kalo menghitung point. Jadi kemungkinan besar partner kembali dari pegangan QJx(x).
 
Persoalannya kenapa dia kembali J, bukan Q sebagai cara main yang biasa.
Inilah sebetulnya dia gunakan sebagai sinyal untuk memberitahu bahwa dia pegang sesuatu yang berguna di warna heart. Setelah menang dengan A, barat harus kembali heart dan kontrak pun gugur dua.
 
Seperti terlihat pada contoh di atas, urutan kartu yang dimainkan bisa digunakan sebagai sinyal yang legal agar partner bisa berpikir kenapa kita bermain secara tidak biasa. 
Contoh lain penggunaan kartu untuk sinyal adalah sinyal lavinthal, yakni memainkan kartu ekstrim yang tidak biasa. Banyak cara untuk bermain legal. Mari bersama-sama kita berantas kecurangan dalam bridge….

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *