385

Mengenal LTPB, Software Pembelajaran Bridge

LTPB-1
 
Pada tahun 2000 lalu sehabis mengikuti PON XV di Surabaya, rekan-rekan di kantor  mendaulat saya untuk mengajari mereka untuk bermain bridge. Saya tidak dapat mengelak dan malah dengan senang hati mengajari mereka. Untuk menambah bahan, iseng-iseng saya mencarinya di internet. Saya mencari ke ACBL dan juga ke teman e-mail saya, Fred Gitelman. Pucuk dicinta ulam tiba, begitulah kata pepatah, saya mendapatkan software pembelajaran bridge yang sangat bagus yaitu LTPB (Learn To Play Bridge).
 
LTPB-1
 
LTPB adalah hasil kerja sama antara American Contract Bridge League (ACBL) organisasi bridge Negara Paman Sam dengan Bridge Base Inc. pimpinan Fred Gitelman, sebuah perusahaan yang menjadi leader dalam pengembangan software untuk pembelajaran bridge. Bagi para penggemar bridge tentu sudah mengenal Bridge Master dan BBO yang merupakan dua produk Bridge Base Inc yang sangat tersohor di seantero jagat.
 
LTPB ada dua seri, seri pertama yang kami bahas di sini adalah software pembelajaran bagi yang baru mulai bermain bridge. Cara bermain dan konsep tentang trik dijelaskan dengan sangat sederhana sehingga bisa dimengerti oleh orang awam. Demikian juga dengan konsep lainnya seperti konsep truf, kewajiban ikut suit, tentang penawaran, tawaran paksaan dan lain-lain.
 
Coba perhatikan bagaimana LTPB memberikan penjelasan tentang Konsep Trik.
 
LTPB-2
 
Kemudian dilanjutkan:
Bila anda sedang bermain bridge, memainkan kartu untuk 1 trik adalah meletakkannya terbuka di atas meja, seperti gambar di atas.
Karena setiap pemain memegang 13 kartu dan setiap pemain memainkan satu kartu untuk setiap trik, jadi ada 13 trik dalam setiap permainan bridge.
Literatur bridge menyatakannya sebagai trik1, trik2, …, trik13.
 
Indah sekali bukan.
 
Berikut beberapa screenshot dari LTPB.
 
LTPB-3

  

 

LTPB-4

 

Keunggulan program dibandingkan buku bridge adalah program bisa membuat animasi sehingga seolah-olah kita sedang menonton permainan yang sesungguhnya. Di samping itu, program ini juga dilengkapi dengan suara dan teks-teks yang sangat membantu. Ditambah lagi dengan penjelasan tentang istilah-istilah bridge yang bagi para pemula masih terdengar asing.

 
Sementara itu program mempunyai kelemahan karena harus menggunakan komputer sehingga hanya bisa diakses kalangan terbatas. Namun populasi komputer terus meningkat dengan tajam dari waktu ke waktu. Dari korespondensi dengan Fred, saya pernah mengusulkan agar software-software Bridge Base bisa dimasukkan ke handphone. Mereka sedang bekerja keras untuk itu. Bila hal ini terjadi, para penggemar bridge akan sangat dimanjakan.
 
Disamping materi-materi seperti pada screenshot 1, LTPB juga dilengkapi dengan review dan soal-soal latihan dan tidak ketinggalan sejumlah 21 soal dari Bridge Master.
 
LTPB-5

  

Berbeda dengan literatur bridge umumnya yang mengawali pelajaran tentang penawaran untuk para pemula, program ini membalikkan asumsi itu. LTPB mengajarkan dulu konsep permainan dan jika semuanya sudah dimengerti barulah konsep penawaran diperkenalkan.
 
Tidaklah mengagetkan anda bahwa sistem penawaran yang diperkenalnya adalah American Standard dengan 5 kartu mayor. Penawaran dibahas cukup dalam dengan pendekatan sederhana. Pembahasan mengutamakan pencarian fit 8 kartu mayor dan 3NT daripada mencari game di minor, hal yang sama dengan sistem lainnya.
 
LTPB 1 ini lebih fokus ke Konsep Dasar Bridge, Deklerer dan Bidding. Sementara konsep bertahan hanya dibahas sedikit sekali karena dibuat sebagai fokus program terpisah yakni LTPB 2. Baik LTPB 1 maupun LTPB 2 telah diunduh puluhan ribu orang di seluruh dunia. Program ini adalah program gratis sehingga anda juga bisa mengunduhnya di situs berikut ini: www.acbl.org dan pilih menu Free Lesson Software. Anda diharuskan mengisi alamat email untuk korespondensi dengan ACBL.
 
LTPB menggaransi bahwa setelah anda menyelesaikan pembelajaran bridge dengan program LTPB ini anda akan menjadi pemain dengan kemampuan di atas rata-rata. Sebuah harapan yang cukup tinggi. Anda harus membuktikannya.
 
Oh iya, hampir lupa, LTPB adalah program berbahasa Inggris. Sebetulnya versi terjemahannya (lihat screenshot kedua, dstnya sebagai contoh) sudah ada sejak lebih dari 10 tahun lalu. Pada awalnya LTPB akan dijadikan sebagai bahan untuk Bridge Masuk Sekolah, namun tiba-tiba diganti. Tahun lalu sudah ada pembicaraan dengan GABSI untuk merilis program ini. Ijin sudah didapatkan dari pemilik program yakni ACBL  namun sampai sekarang belum jelas kepastiannya…
 
 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *