475

Opening Lead Yang Merepotkan

 
Pada Liga Bridge EIBC PLN bulan ke-4 Juli ini, kami menemukan sebuah papan menarik. Pada kondisi kita aman dan lawan bahaya, lawan sebelah kanan buka 1D precision, lawan sebelah kiri bid 1H. Opener kemudian rebid 1NT yang langsung yang dinaikkan ke game oleh lawan sebelah kiri (mungkin karena dia bahaya, dia gak invite). 
 
Kartu apa yang anda mainkan untuk memulai permainan dengan pegangan ♠ J73 ♥ KQ5 ♦ J108 ♣ A1093?
 
Noldy George yang duduk di Barat memulai permainan dengan sangat baik ♠3!?. Inilah kartu dummy dan deklerer.
 
♠ AKQ8
♥ J643
♦ 765
♣ J7
 
♠ 109
♥ A105
♦ KQ432 
♣ K85
 
Jika anda sebagai deklerer apa yang anda lakukan?
Ada deklerer yang melakukan finesse spade pada trik pertama dengan cara bermain kecil dari dummy. Ada juga yang menang di meja dan main diamond.
Cara mana yang anda pilih?
 
Bagi yang bermain kecil dari meja, ternyata ♠ 10 anda menang karena Timur juga bermain kecil.
Apa langkah selanjutnya?
Bagusnya kita hitung dulu trik pasti anda karena ini adalah kontrak NT.
Dari spade 4 trik, dari heart baru 1 trik dan diamond bisa dipromosikan untuk dapat 3 atau 4 trik, atau malah 2 trik saja. Club belum ada. Jadi trik anda baru 5 trik dengan peluang tambahan yang menjanjikan di diamond.
 
Jika anda ke meja dan bermain diamond berharap 2 kartu diamond dengan A di Timur, anda terpaksa harus memainkan semua kartu menang spade meja karena sudah gak ada penangkap. Apa yang anda diskad? Buang dua kali heart secara terpaksa karena buang selembar club, kontrak anda terancam jika anda salah guess club bila diserang Timur. Sebuah cara main dengan peluang yang kecil sekali.
 
Bagaimana kalo main honor diamond dari tangan, dengan harapan dapat 3 trik diamond dan 4 trik spade, 1 trik heart dan berharap ada trik dari club untuk kontrak. Namun dengan defens yang biasa saja dari Timur akan bisa menggagalkan kontrak anda. Serangan club langsung  mematikan karena anda akan kalah 3 trik club dan 2 trik diamond.  Jadi ini tidak menjadi pilihan anda.
 
Sekarang mari kita kembali ke trik ke-2.
Misalkan anda bermain honor spade dari meja. Kemudian main diamond dari meja dan bermain honor diamond di tangan bila Timur ikut kecil. Kalo A di Barat kontrak anda mati. Ketika ini menang dengan terpaksa anda bermain diamond kecil di dua tangan. Bila ini menjatuhkan A, ada peluang anda berhasil memenuhi kontrak, namun jika A masih nyangkut, kontrak anda gugur.
 
Yang terjadi adalah A jatuh di Timur dan dia kembali heart dan anda terpaksa bermain kecil. Menang dengan Q, Barat kembali menyusahkan anda dengan kembali spade.  
 
♠ KQ8
♥ J64
♦ 7
♣ J7
 
♠ 109
♥ A10
♦ Q43 
♣ K85

 
Apa yang anda lakukan? Finesse spade bukanlah pilihan. 
So, menang dengan ♠K dan cash ♠Q… Jika ♠J jatuh, kontrak anda aman, jika tidak, anda terpaksa memainkan club atau heart untuk trik ke-9. 
 
Hayo jalan mana yang anda pilih, finesse spade pada trik pertama, atau jalan yang terakhir ini …..
 
Di meja kami, kontrak akhirnya mati akibat lead yang merepotkan dari Noldy. 
 
Sementara di meja sebelah kontrak berhasil diselamatkan karena barat memulai permainan dengan Club sehingga didapat 9 rik kendati kontrak berhenti di partscore 2NT. Pantasan mainnya susah karena ternyata point anda berdua kurang dari syarat game, hanya 23HCP.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *