437

Mengacaukan Timing Deklerer

 

Pada sebuah sesi latihan, anda dihadapkan pada defense dengan pegangan berikut  ♠ 109 ♥ KJ1052 ♦ Kxx ♣ J103 di posisi Timur.
Penawaran berlangsung sebagai berikut:
S      B       U       T
                  p       p
1C*  1S       x       p
1N    p       3N      p
p      p
Lawan menggunakan precision weak NT. Dari penawarannya Selatan memperlihatkan kekuatan 15-17 balans.
Partner memulai permainan dengan 7 dan inilah kartu meja
♠ A7543
♥ 86
♦ AJ64
♣ 82
Atas 7, deklerer memainkan 8 dari meja dan anda memainkan salah satu honor heart, misal K.
Pada trik kedua, deklerer bermain Diamond kecil ke arah Jack. Partner ikut dengan 3. Tidak jelasnya posisi diamond, anda menang dengan K.
Apa selanjutnya?
Dari jalannya penawaran terlihat partner agak nakal dengan overcall 1S-nya. Melihat penawarannya, rasanya deklerer pegang doubleton spade yang berarti partner hanya 4 kartu!!!.  Tetapi karena spade anda bagus, ♠109, maka anda pun menyerang spade. Benar saja, deklerer lama sebelum akhirnya memainkan ♠8 dan anda masih memegang lead.
Bagaimana rencana defense anda selanjutnya?
Apakah pilihan anda? Melanjutkan spade, beralih ke club atau heart?
Di meja kami, Timur kembali club besar, ♣J, yang ditindih deklerer ♣Q. Barat menang dengan ♣K dan melanjutkan club, dan deklerer memenangkan ♣10 anda dengan ♣A.
Deklerer kemudian melanjutkan dengan Q dan terlihat tersenyum ketika Barat ikut dengan 2 karena menurut persinyalan anda berdua, itu berarti pegang diamond ganjil. Setelah memainkan ♣9, deklerer kemudian menguangkan 2 trik diamond lagi, sambil membuang club kecil di tangan dan tak lupa untuk cash ♠A.
Trik ke-11, deklerer memainkan 6 dari meja dan ketika anda taroh honor, deklerer membiarkan anda memenangkan trik ini. Karena hanya heart tersisa, anda kemudian kembali heart kecil dan deklerer taroh 9 dan klaim 9 trik.
Barat terlihat kecewa dengan defense ini, mungkin ada sesuatu yang salah…..  Apakah anda juga berpikir demikian?
Andaikan Timur melanjutkan spade pada trik ke-4, dan atas ♠J deklerer, Barat tindih dengan ♠Q. Menang dengan ♠A, deklerer akan melanjutkan dengan ♣8 dari meja untuk double finesse. Misalkan anda taroh ♣J, dan atas ♣Q deklerer Barat menang dengan ♣K. Barat tentu tidak bisa cash ♠K karena akan memberikan 2 trik ekstra kepada deklerer di dummy. Kembali club akan menghasilkan ending yang sama dengan sebelumnya. Dalam hal ini, kembali heart yang akan mengacaukan timing deklerer. Deklerer tidak bisa duck, karena Timur masih ada exit card baik dengan club atau dengan diamond.
Hasil yang sama akan didapat jika pada trik ke-4, Timur jangan switch club, tetapi kembali heart. Memang betul Timur tidak ada penangkap, tetapi defense seperti ini akan mengacaukan timing deklerer dan kontrak tidak bisa diselamatkan.
Kartu deklerer adalah : ♠ J8  AQ94  Q95 C AQ94

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *