382

Breaking The Rule

 

Salah satu pelajaran dasar dalam pertahanan bridge adalah memutuskan komunikasi deklerer. Berbagai cara dilakukan untuk memutuskan bridge ini. Namun itulah seninya bridge karena tidak ada aturan yang berlaku muthlak. Kami menemukannya dalam permainan berikut ini.
Barat membuka penawaran dengan 1D (sedikitnya 4 kartu) dan Timur menjawab dengan 1H, Selatan kemudian overcall dengan 1NT. Kini giliran Barat dan Timur pass melulu. Utara transfer 2H, yang diterima selatan dengan 2S. Tawaran berikutnya dari Utara adalah 3D. Ya, disuit lawan. Lama berpikir akhirnya selatan menawar 3NT.
Barat memulai permainan dengan ♣2 (4th best), dan inilah kartu dummy dan Timur
UTARA
♠ QJ987
♥ 8
♦ K8732
♣ J10
                    Timur
                    ♠ A54
                    ♥ 976542
                    ♦  Q
                    ♣  543
Atas ♣J di meja anda memainkan ♣5, menyatakan ganjil dan tentunya gak mampu menindih. Deklerer kemudian memainkan spade ke arah King, dan ketika menang melanjutkan spade lagi. Barat ikut dengan ♠10. Dari cara main Barat, dia menyatakan pegang 2 kartu spade.
Bagaimana selanjutnya?
Anda harus menyadari bahwa lawan kelihatannya menawar terlalu tinggi. Dengan hanya 7 point dan deklerer bisa hanya pegang 15 point, karena terpaksa oleh penawaran yang dilakukan oleh utara. Jika selatan maksimal 17 point, mereka hanya punya 24 point berdua. Namun demikian anda harus berhati-hati agar mereka tidak berhasil mendapatkan 9 trik.

Normalnya tentu anda menunda lagi trik ini untuk memutus komunikasi deklerer. Namun deklerer kemudian beralih memainkan ♥8 yang anda tindih dengan ♥9. Partner di Barat memenangkan ♥J deklerer dengan ♥A. Setelah berpikir sejenak, partner kembali ♥10.

Deklerer menang dengan ♥K, dan anda dengan pasti tahu bahwa deklerer masih pegang ♥Q. Sekarang deklerer melanjutkan dengan spade dari tangan untuk ♠A anda.

Terus apa?

Kembali heart sudah tidak ada gunanya. Dengan santai anda serang club, tetapi deklerer menang dengan ♣A dan memainkan ♥Q, sebelum akhirnya memainkan diamond ke arah King. Partner pun menyerah. Deklerer berhasil mengoleksi 9 trik, 4 trik spade, 2 trik heart, 1 trik diamond dan 2 trik club.

Inilah distribusi selengkapnya.

         UTARA
         ♠ QJ987
         ♥ 8
         ♦ K8732
         ♣ J10
Barat                    Timur
♠ 103                     ♠ A54
♥ A10                    ♥ 976542
♦ A10954              ♦  Q
♣ K862                 ♣  543
           SELATAN

           ♠ Kxx
           ♥ KQJx
           ♦ Jx
           ♣ AQ9x

Apanya yang salah?
Secara teoritis, Timur benar menunda memenangkan spade kedua, tetapi deklerer dengan cerdik berpindah ke warna heart.
Timur harusnya sudah tahu distribusi barat, 5 kartu diamond dan 4 kartu club, dan peluang menggugurkan kontrak adalah di warna diamond jika barat pegang diamond yang bagus.
Andaikan Timur menang dengan ♠ A dan menyerang diamond, kontrak akan mati. Timur bisa berdalih bahwa kontrak juga akan mati jika Barat menyerang diamond setelah menang dengan ♥A, namun sangatlah sulit defense seperti itu karena barat cenderung beranggapan bahwa deklerer pasti pegang ♦ Q.
Defensive Play dalam Bridge memang sesuatu yang susah…..
Melanggar aturan (breaking the rule) perlu dilakukan pada saat yang tepat….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *