613

Susahnya Defense

 

Bridge mempunyai tiga aspek utama yakni penawaran (bidding), permainan (the play of the card, declare), dan pertahanan (defense). Dari ketiga aspek tadi, pertahanan lah yang kelihatannya paling susah.

Pada babak kualfikasi beregu PON XIX Jawa Barat kemaren, pada sesi terakhir yang menentukan bagi kedua tim, anda dihadapkan pada persoalan defense berikut ini.

Sebelumnya, beginilah jalannya penawaran.

Kondisi semua bahaya, Delarer Utara.

U T S B
1H p 2C 1) p
2D p 2N p
3D p 3S p
3N p p p

1) tawaran 2C selatan bersifat forcing to game dan tidak berhubungan dengan club.

Setelah menganalisa penawaran, Barat memulai permainan dengan ♠5 dan berikut adalah kartu dummy dan anda.

Utara
♠7
♥AK1052
♦K10742
♣98
Anda
♠J8654
♥J8
♦Q65
♣K43

 

Atas lead spade anda, partner memainkan ♠Q, yang dimenangkan oleh ♠A oleh deklerer. Deklerer kemudian melanjutkan dengan ke King dan main lagi dan partner diskad ♣6. Belum didapat info apakah ini berminat atau tidak. Setelah lama berpikir, akhirnya deklerer memainkan ♦J dari tangannya.

Bagaimana selanjutnya?

Mari kita analisa dulu. Dimanakah ♠K? Dengan fit 9 lembat di warna diamond, kemungkinan besar lawan memegang double stopper di warna spade. Lagi pula jika hanya pegang ♠A saja, kebanyakan deklerer akan melakukan tundaan di warna spade. Jadi, deklerer pegang ♠AK dan ♦AJ. Dengan demikian deklerer sudah mempunyai 2 trik spades dan 4 trik diamond, serta 2 trik heart yang terpampang di meja. Sudah 8 trik.

Jadi bagaimana selanjutnya?

Jika deklerer pegang Q, sudah ada 9 trik di tangan bahkan 10 trik karena J anda yang jatuh. Kalo demikian adanya berarti club akan terbuka lebar, namun ini tidak cocok dengan sinyal partner yang membuang clubnya. Tambahan lagi dengan menawar notrump, tentunya deklerer punya stopper club.

Adakah harapan anda agar deklerer gagal memenuhi kontraknya?

Jika deklerer pegang ♣A, tidak ada defense yang bisa anda lakukan. Bagaimana kalo partner pegang ♣AJ10xx, kontrak akan gugur jika deklerer tindih ♣J partner atas pengembalian ♣ kecil dari anda. Jika tidak club kena blok dan trik ke-9 deklerer tetap masih misteri. Jika deklerer hanya pegang ♣Q, atau hanya dengan 14 point dan fit diamond, rasanya deklerer akan cepat-cepat tutup 3NT. Logikanya lebih berpeluang deklerer pegang ♣QJx. Dengan analisa seperti ini dapatkah anda menemukan jalan untuk menggugurkan kontrak?

Ya, ini persoalan defense yang susah.

Jika anda perhatikan dengan seksama, deklerer sebetulnya punya 9 trik tetapi dia kesulitan bridge atau jembatan antara tangan dan meja. Jika club deklerer hanya ♣QJx(x), maka dia kekurangan komunikasi. Satu-satunya komunikasi hanyalah lewat diamond. Untuk itu setelah menang dengan Q, langsung mainkan diamond lagi.

Apa yang bisa dilakukan deklerer? Semuanya bisa anda patahkan.

Beginilah kartu selengkapnya setelah trik pengembalian diamond anda.(awal trik ke 4)…

Utara
♥AK1052
♦107
♣98
Anda  Partner
♠J864  ♠ 92
♥J8  ♥ Q974
♦5  
♣K43  ♣ A1062
Utara
♠ K103
♥ 63
♦ A8
♣ QJ7

 

Dimanakah deklerer akan memenangkan pengembalian ♦5 anda, utara atau selatan?

Misalkan dia menang dengan 10 di meja (perhatikan diamond kena blok sementara waktu) dan memainkan club ke arah tangan. Anda menang dengan ♣K dan saatnya menyerang heart.

Heart apa yang anda mainkan?

Dengan asumsi partner yang pegang ♣A dan juga Q, maka defense terbaik anda adalah kembali 8. Pada trik berikutnya setelah menang dengan ♣A, partner akan bisa kembali heart kecil sehingga memutuskan komunikasi antara tangan deklerer dengan meja.

Dengan defense seperti ini maka kontrak akan mati. Demikian juga jika deklerer memenangkan diamond ketiga di tangan, dia akan tetap kesulitan mendapatkan trik ke-9 dengan defense yang akurat dari anda.

Defense itu ternyata memang susah. Anda tentu berpikir, wah ini mah defense dengan semua kartu terbuka. Namun percayalah, sangat dimungkinkan defense seperti ini anda temukan di meja.

 

1 thought on “Susahnya Defense”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *