265

Safety Play dan Order of Play

Dalam sebuah turnamen online melawan GIB, saya dihadapkan pada persoalan safety play yang dibalut dengan urutan main yang tepat.

Pada tangan pertama, GIB East membuka penawaran pre-emptive 3D, dan dengan pegangan ♠ K765 ♥ K9865 ♦ KJ ♣ Kx, pada posisi bahaya saya memberanikan diri menawar 3H yang dinaikan oleh GIB North ke 4H.

GIB West membuka permainan dengan ♠A dan inilah kartu dummy dan anda:

GIBN
♠ J10
♥ A743
♦ 65

♣ A10943

Anda
♠ K765
♥ K9865
♦ KJ

♣ Kx

Timur ikut dengan ♠4. GIB West kemudian melanjutkan dengan ♦7, ke arah ♦A Timur dan kembali ♦10 yang anda menangkan dengan ♦K.

Bagaimana selanjutnya?

Seperti terlihat kontrak sepertinya tidak ada masalah setelah Barat memulai permainan dengan ♠A. Hal yang perlu dijaga sekarang adalah truf terbagi 4-0 di luar. Peluang paling besar jika ini terjadi adalah Barat yang memegang ke-4 kartu sakti tersebut. Jika demikian adanya anda harus ekstra hati-hati.

Jadi bagaimana rencana anda selanjutnya?
Deklerer kemudian memainkan heart kecil dari Selatan dan bermaksud memainkan ♥ 7 dari meja jika saja Barat ikut dengan ♥2. Ternyata GIB West waspada juga ketika dia memainakan ♥10 dan benar saja, Timur diskad diamond ketika deklerer memainkan ♥K dari meja.

Bila kondisinya seperti ini, yakni Barat pegang ke-4 truf, anda harus hati-hati mengurutkan permainan. Jika urutan salah, anda tidak bisa melakukan end-play terhadap Barat sehingga anda akan kalah 2 trik truf dan kontrak pun mati.

Paling gampang tentu mengetahui distribusi GIB East yang membuka penawaran dengan pre-emptive 3D. Apakah dia pegang 2074, 4072, atau 3073?

Kalau distribusi Timur 2074 yang berarti barat pegang 5 kartu spade, coba anda periksa, kontrak selalu mati karena Barat ada kartu keluar sehingga akan selalu dia dapatkan 2 trik truf.

Kalau distribusi Timur, 4072 yang sedikit nakal preemptive dengan 4 kartu major, maka urutan main yang benar adalah setelah menang dengan ♥A di meja anda mainkan ♣K, ♣A dan club ruff. Kemudian mainkan ♠K dan spade ruff, untuk ruff club kedua kalinya.

Sekarang mainkan spade ke-4. Barat akan kena end-play di warna truf.

Bagaimana kalo distribusi Timur adalah 3073?
Urutan main yang menghasilkan kontrak adalah:
♠K, spade ruff, ♣A, ♣K, spade ruff, club ruff dan mainkan heart ke arah dummy. Atau cara main lain yang dengan urutan yang benar akan menghasilkan kontrak. Persoalannya, asumsi mana yang anda ambil, apakah Timur pegang 2074 atau 3073?
Saya berhasil memenuhi kontrak dengan mengasumsikan Timur pegang 3073, yang memang begitu adanya, namun sayang karena kelamaan berpikir sampai kehabisan waktu maka gagal mendapatkan hadiah dalam turnamen tersebut. Biasa alasan…..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *