616

Geir Helgemo, Pemain Ranking Satu Dunia

 

Helgemo, mungkin nama ini tidak asing bagi para pemain bridge di dunia. Ya, dialah salah satu pemain hebat di dunia. Setelah isu radar gelap menimpa peringkat tertinggi dunia Fantoni-Nunes, Geir Helgemo berserta pasangannya Tor Helness kini menjadi pemain peringkat 1 dan 2 dunia, masing-masing dengan 4059MP dan 4034MP. Unggul dari peringkat-3 Fantoni dengan 3862VP. Yang terakhir ini sudah tidak bermain bridge sejak kasus radar gelapnya terbongkar sebelum Bermuda Bowl di Chennai India tahun 2015 lalu.

 
Geir Helgemo lahir pada 14 February 1970 di Vinstra Norway. Dia adalah pemain bridge profesional dari Norwegia. Sampai saat ini dia sudah memenangi 4 trofi kejuaraan dunia bersama dengan partner tetapnya Tor Helness.

 

Untuk mereka yang bersaing di tingkat elit, nama Helgemo ini membangkitkan kata-kata seperti jenius, psikolog, juara dan orang yang baik, selalu dengan senyum dan kata-kata yang baik untuk semua orang di sekelilingnya. Dia mulai bermain untuk Tim Norwegia Terbuka pada usia 21!!!. Beberapa orang mungkin mengatakan Norwegia, negara dengan lima juta penduduk betapa sulitnya dapat untuk membuat open tim yang kuat. Pikirkan lagi! Norwegia telah memenangkan emas, perak dan perunggu di kejuaraan dunia belum termasuk menginjak podium beberapa kali di Kejuaraan Eropa.

 

Geir telah memenangkan sebagian besar turnamen bergengsi di dunia termasuk: Kejuaraan dunia, Kejuaraan Eropa, Kejuaraan Junior Eropa, Pasangan junior dunia, Cap Gemini Invitational, The Macallan Invitational serta semua turnamen besar di Norwegia dan banyak kejuaraan Nationals Amerika. Sebuah bukti untuk sportivitasnya, Geir memenangkan penghargaan dari International Press Association Bridge Bridge sebagai Personality of the year 1996.

 

Hingga tahun 1994, Helgemo mewakili Norway baik di nomor junior maupun open team. Untuk junior, dia memenangkan Kejuaraan Eropa tahun 1990, dan menjadi finalis kejuaraan dunia tahun 1993. Gelar juara dunia pertama dia raih pada tahun 2007 dengan Helness sebagai pasangannya.
Sejak 2011 Helgemo–Helness adalah anggota penuh dari team yang diketuai oleh Swiss real estate tycoon Pierre Zimmermann. Sejak 2012 semua anggotanya menjadi warga negara Monaco. Dan sejak saat itu Helgemo selalu membela Monaco.

 

Banyak sudah penghargaan yang didapat oleh Helgemo. Dia telah memenangkan yang terbaik di semua aspek permainan dari IPBA. Pada tahun 1996 dia dianugearhu Personality of the year, Best declarer play tahun IPBA 2003, Best bid IPBA award 1998/1999, Best defensive Play 1990/1991 dan 1997/1998. Penghargaan lainnya adalah:
The 1997 Le Bridgeur Best Play of the Year
THE 2003 DIGITAL FOUNTAIN HAND OF THE YEAR
THE 2011 ROSE CLIFF DECLARER PLAY OF THE YEAR

 

Mengingat banyaknya partai yang memperlihatkan kehebatan Geir Helgemo, sehingga kami cukup susah memilih mana yang akan kami pilihkan buat anda karena semuanya brilian.

 

Papan ini dimainkan pada pertandingan ronde knock-out pada Norway’s Teams Championship. Partai ini mendapatkan hadiah deklerer terbaik tahun 2011.
Dealer Selatan. semua bahaya.
♠ A 9 7 4 3
♥ K 8 7 6 3
♦ A 6
♣ 7

 

♠ K J 10 6 5
♥ A
♦ K 7
♣ A 6 5 4 3
West         North         East            South
Skjetnes   Lund           Forfot         Helgemo
                                                      1♠
2♠            2NT            Pass            3♣
Pass         4♣               Pass           4NT
Pass         5♠               Pass            7♠
Pass         Pass             Pass

 

2S Barat adalah memperlihatkan heart dan club, dan 2NT dari utara adalah game force dengan dukungan spade.
Tawaaran 3C Selatan adalah natural, dan 4C dari utara adalah cue-bid, pendek dalam system mereka. Atas RKC 4NT dari Selatan, Lund menginformasikan adanya trump queen karena memegang 5 lembar truf.
Barat memulai permainan dengan ♣K yang dimenangkan dengan ♣A oleh Helgem0 ketika Timur ikutan dengan ♣J.
Seperti terlihat kontrak akan aman jika truf terbagi 2-1 karena 3 loser heart bisa ditruf di tangan atau club di meja.

 

Jika truf terbagi 3-0, dekelerer bisa dengan gampang memotong sang nyonya di Timur (secara prosentase lebih berpeluang ada di Timur, lihat penawaran). Namun demikian belum terlihat jelas tema permainan yang menghasilkan 13 trik. Terus buat apa memikirkan itu, mungkin demikianlah pemikiran kebanyakan pemain.

Helgemo memikirkan kemungkinan ini karena penawaran Barat.

Helgemo beralasan bahwa kemungkinan besar Barat pegang 6 lembar club, makanya Timur hanya pegang selembar ♣J.
Dengan 5 kartu heart di Barat, Helgemo dengan yakin menggangap bahwa truf terbagi 3-0. Kemungkinan distribusi Barat adalah 1-5-1-6 atau 0-5-2-6.

 

Bagaimana dengan diamond? Jika Barat hanya pegang selembar diamond, berarti Timur pegang 8 lembar, dan rasa-rasanya Timur akan bereaksi, seteah utara bid 2NT, bukannya pass.
Tambahan lagi dengan 1-5-1-6, ada peluang barat akan lead truf.  Jadi Helgemo berkesimpulan, distribusi barat dalah 0-5-2-6 dan bermain menurut distribusi tersebut.
Inilah kartu selengkapnya.
                   ♠ A 9 7 4 3
                   ♥   K 8 7 6 3
                   ♦   A 6
                   ♣ 7
♠ –                                            ♠ Q 8 2
♥ Q J 9 5 2                                ♥ 10 4
♦ 10 9                                       ♦ Q J 8 5 4 3 2
♣ K Q 10 9 8 2                          ♣ J
                   ♠ K J 10 6 5
                   ♥ A
                   ♦ K 7
                  ♣ A 6 5 4 3
Kontrak 7♠
Lead: ♣K.

 

Kami persilakan anda untuk menyelesaikan kontrak ini sebagai bahan double dummy problem. Ingat ya, Helgemo melakukannya dengan tangan tertutup. Sebagai bocoran tema permainan yang dilakukan Helgemo adlah Entry Shifting Squeeze.

Bagi yang tidak tahu cara mengekseskuinya, silakan berkomentar….nanti kita bahas….

Ngomong-ngomong sudah kah anda mengetahui cara eksekusi yyang dilakukan oleh Helgemo?
Nama tema yang dilakukan oleh Helgemo adalah entry Shifting Squeeze.
Trik pertama, Helgemo menang dengan ♣A.
Dia kemudian melanjutkan dengan A dan K.
Pada trik ke-4 dia main 7 ke A. Cara main seperti ini sedikit dikritik oleh para pakar bridge. Barat mungkin pegang 1-5-1-6 sehingga kontrak jadi mati. Akan lebih baik tentunyanya main 7 ke A pada trik ke-3.
Dia cash dulu lagi K sembari membuang selembar club.
Ketika semua aman dia kemudian memainkan Sx9 dari meja. Ketika Timur ikut kecil, dia pun bermain kecil.
Apakah ada bedanya main SxA dulu kemudian baru finesse ?
Ya, nanti anda akan menyadari kenapa Helgemo melakukan finesse pada kesempatan pertama.
Dia kemudian melanjutkan dengan Sx kecil ke arah SxJ.
Inilah posisi 6 kartu terakhir.
                     ♠ A 7 4
                     ♥ 8 7 6
                     –
                     ♣ –
♠ –                                        ♠ Q
 Q J 9                                  ♥ 
–                                           Q J 8 5 4
♣ Q 10 9                              ♣ –
                    ♠ K 10 6
                    ♥ 
                    –
                   ♣ 6 5 4
Kemudian Helgemo melanjutkan dengan ♠K, apa yang akan anda buang di Barat?
Jika anda buang heart, Helgemo akan menang di meja dengan ♠A dan kemudian ruff heart untuk dituakan. Semntara jika barat buang club, ♠K akan dibiarkan menang, dan deklerer pada tangan yang tepat untuk menuakan club. Itulah sebabnya permainan ini disebut entry shifting squeeze, karena entrynya bisa diatur sesuai buangan defender. Jelas sekali bahwa hal ini hanya bisa dilakukan bila deklerer langsung finesse spade.
Menanggapi para pakar yang mengkritik cara mainnya dengan memainkan 2x diamond, inilah pembelaan Helgemo.
‘Saya sebetulnya tidak yakin akan distribusi Barat, makanya saya cash dulu K. Jika muncul honor J atau Q, masih ada kemungkinan Timur pegang 8 lembar diamond sehingga tidak overcall karena terlalu lemah dan saya akan menganggap truf terbagi 2-1 sesuai prosentase yang normal. Jika tidak saya bermain seperti di atas. Sebetulnya saya bermain secara prosentase’ katanya. Sebuah alasan yang bisa diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *