396

Boye Brogeland, Sang Pionir Anti Kecurangan

Boye Brogeland adalah seorang pemberani dan sportif. Prestasinya di dunia bridge cukup mengagumkan dengan meraih 3 podium Bermuda Bowl termasuk medali emas di Shanghai tahun 2007 dan beberapa podium di NABC Championship Amerika.

 
Brogeland lahir tahun 1973 di Moi, suatu kota kecil sekitar 100 km selatan Stavanger di Norway bagian selatan. Ibunya seorang guru dan  sang ayah bekerja di pusat pemotongan hewan. Boye diajari bridge oleh kakeknya pada umur 8 tahun dan sudah jatuh cinta pada bridge pada umur segitu. Boye menyelesaikan pendidikan sarjananya di  Norwegian School of Economics. Boye menikah dan punya 2 anak, 12 dan 3 tahun. Dia mempunyai majalah bridge sendiri, menulis artikel bridge di Dagbladet dan menjadi anggota tim nasional Norwegia sejak tahun 1996.

 

Pada tahun 2015, Boye Brogeland menjadi terkenal dengan kampanye anti kecurangan dalam bridge. Kampanye dimulai ketika dia menyadari ada yang tidak beres dengan kopelnya, pemain Israel Lotan Fisher dan Ron Schwartz. Dia mendengar rumor adanya pertukaran informasi menggunakan tangan yang memberikan keuntungan sepihak kepada mereka. Berkopel dengan Schwartz and Fisher, mereka telah memenangkan July 2014 Spingold, November 2014 Reisinger dan Jacoby Open Swiss Teams pada bulan March 2015.

 

Setelah investigasi mendalam, Boye dengan gagah berani mempublikasikan temuannya. Pada Agustus 2015 Boye meregistrasi sebuah domain,  bridgecheaters.com, tempat dia memperlihatkan semua bukti pertukaran informasi ilegal yang dilakukan pasangan Schwartz dan Fisher dengan menggunakan penempatan papan dan baki.

 

Bukti yang disodorkan Brogeland diperkuat oleh beberapa anggota bridgewinners.com, salah satu bridge forum yang besar. Sebuah tim sukarela melakukan investigasi ratusan jam video dari beberapa pertandingan untuk menemukan bukti kejanggalan permainan pasangan Schwartz–Fisher dan pasangan lain yang dicurigai.

 

Fisher dan Schwartz terbukti bersalah dan dilarang bermain di semua European Bridge League sejak May 2016 selama lima tahun, dan mereka tidak boleh berpasangan lagi seumur hidup. Sangsi yang sama diberikan kepada pasangan Fantoni-Nunes pada  July 18, 2016.  Pasangan lain yang dicurigai adalah pasangan top German Alex Smirnov–Josef Piekarek (dihukum 6 tahun) dan pasangan Polandia  Cezary Balicki–Adam Żmudziński.

 

Bila anda membaca situsnya Boye, bridgecheaters.com, anda akan menemukan sebuah kecurigaan Boye yang dialamatkan kepada salah satu pasangan Indonesia. Belum ada klarifikasi pasangan mana yang dimaksud.

 

Atas keberanian dan prestasinya, Boye Brogeland dianugerahi sebagai Bridge Personality of the Year 2015 oleh International Bridge Press Association.

 

Untuk melengkapi artikel tentang Boye, perhatian permainan ciamik dari Boye untuk kontrak berikut ini, yang terjadi bulan Maret kemaren di Spring NABC Championship 2017.

 

Untuk anda, saya tampilkan semua kartu secara terbuka. Ingat ya, Boye melakukannya dengan kartu timur-barat yang tertutup.
Dlr: East
Vul: None
Bd: 30
                                  ♠ J 8 7 4
                                  ♥ A
                                  ♦ A 8 2
                                  ♣ A 9 8 5 2

 

♠ K 10 6 5 2                                         ♠ A Q 9 3
♥ 5                                                      ♥ K 9 7 4 3 2
♦ Q 10 6 3                                            ♦ 9
♣ J 6 3                                                 ♣ 10 4

 

                                ♠ —
                                ♥ Q J 10 8 6
                                ♦ K J 7 5 4
                                ♣ K Q 7

 

Barat      Utara        Timur  Selatan
Bathurst Lindqvist   Lall      Brogeland
                                1♥           Pass
1NT (1)   Pass          2♠           3♦
Pass        5♦            Pass        Pass
Dbl         All Pass
(1) 5-plus spades.

 

Barat memulai permainan dengan ♠2 (3/5), ke As Timur yang di ruff deklerer. Sudahkah anda punya rencana permainan?
Mari kita tonton saja permainan dari Boye.
Boye kemudian unblok ♥A, dan memainkan diamond ke ♦K dan memainkan  ♥Q untuk ♥K Timur sementara Barat dan dummy buang spade.

 

Timur kembali club (spade sama saja karena deklerer akan ruff spade sendiri). Menang dengan  ♣K deklerer kemudian memainkan  ♦J, yang ditindih ♦Q dan ♦A.

 

Hitungan kartu ditangan defender sudah lengkap ketika Timur diskad. Karena Barat mulai dengan kartu terkecil, maka itu berarti hanya pegang 5 kartu spade. Artinya Barat pegang 5-1-4-3. Jadi Boye memainkan ♣A, dan kemudian naik dengan ♣Q dengan sangat tenang untuk menciptakan posisi beirkut ini.

 

                        ♠ J
                        ♥ —
                        ♦ 8 
                        ♣ 9 8

 

♠ K 10                                 ♠ Q
♥ —                                    ♥ 9 7 4
♦ 10 6                                  ♦ —
♣ —                                    ♣ —

 

                      ♠ —
                      ♥ J 10 8
                      ♦ 7
                      ♣ —

 

Inilah posisi kartu yang sudah dibayangkan oleh Boye.  Inilah saatnya deklerer yang pegang lead agar kontrak berhasil. Barat tidak berkutik ketika Boye memainkan ♥J. Jika Barat buang spade, deklerer melakukan hal yang sama. Jika Barat ruff kecil, deklerer overruf dan memainkan club yang sudah tinggi.
Jika Barat ruff besar, deklerer akan buang spade di meja. Apapun pengembalian Barat, dia tidak akan mendapatkan trik lagi.  Sebuah penyelesaian yang indah dari Boye Brogeland.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *