231

Promosi Yang Tak Terduga

Dalam sebuah latihan anda dihadapkan pada sebuah kontrak yang menantang. Partner yang disiplin menawar pass sebagai dealer dan anda dengan ♠ 42  ♥ AKQ54 ♦ KQJ ♣ K43, menawar dengan 1H (standard Amerika), partner merespon dengan 2C, drury dan dengan sigap anda bid 4H.

Lawan sebelah kiri membuka permainan dengan ♠7 dan inilah kartu dummy dan deklerer.

Dummy

♠ AQ1095

♥ J87

♦ A3

♣ 765

 

Deklerer

♠ 42

♥ AKQ54

♦ KQJ

♣ K43

 

Menyaksikan dummy, anda dengan cepat menyadari bahwa anda mendaratpada kontrak yang salah. 3NT dengan gampang menghasilkan 9 trik.

Bagaimana rencana anda?

Apakah lead lawan dari kartu panjang? ataukah dari kartu pendek?

Dimanakah posisi ♣A? Perlukah anda asumsikan di Timur?

Menyadari bahwa kontrak terancam jika finesse spade gagal, deklerer kemudian menang dengan ♠A dan memainkan tiga kali diamond sambil membuang selembar club di meja.

Bagaimana selanjutnya?

Deklerer ingin mengkombinasikan peluangnya bila ♣A ternyata ada di Timur dengan meneruf club di meja.  Deklerer lain yang memilih menempatkan ♣A di Timur tentu akan sukses.

Deklerer kemudian melanjutkan dengan ♣A, yang ternyata di menangkan oleh Barat, merasa lega bahwa deklerer lain akan gagal jika menyebrang ke meja untuk memainkan club ke King.

Barat kemudian kembali spade kecil, dan deklerer mencoba memainkan ♠10 yang dimenangkan oleh ♠J Timur.

Timur yang nakal kemudian kembali spade kecil. Dari jalannya permainan terlihat bahwa Barat lead dari doubleton spade sehingga deklerer terpaksa ruff besar. Sebuah keputusan yang tepat karena Barat diskad ♣Q.

Deklerer kemudian melanjutkan dengan club kecil dari tangan, Barat ikut dengan Cx9 namun di-overtake olehTimur dengan ♣10 yang kini memainkan ♠K. Sebuah defense yang sangat bagus sehingga heart barat mendapat promosi.

Kartu Barat selengkapnya adalah ♠ 63 ♥ 9xx ♦ xxxx ♣ AQJ9.

Jika anda perhatikan dengan seksama, kesalahan deklerer adalah terlalu cepat memainkan ♣K. Harusnya mulai dengan ♣ kecil dulu dan pada kesempatan kedua baru memainkan ♣ King. Ya, tentu saja karena kita melihat semua kartu.

Jalan yang ditempuh deklerer tidaklah salah karena kontrak akan berhasil jika saja Timur pegang ♣A. Silakan periksa. Kuncinya adalah asumsi posisi ♣A. Jika di Timur, cara main deklerer sudah ok, namun jika di Barat harus main club kecil dulu baru pada kesempatan berikutnya main ♣K. Tanpa ada informasi deklerer hanya bisa berasumsi yang kadang benar dan kadang salah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *