173

Jangan Menyerah

Syukuri apa yang ada

Hidup adalah anugerah

Tetap jalani hidup ini

Melakukan yang terbaik

Demikianlah lirik lagu d’massiv. Saya teringat akan syair lagu ini ketika menghadapi sebuah kontrak slam pada event BUGIH LAMO baru-baru ini. Dengan penawaran singkat kontrak slam dicapai sbb:

U      T       S       B

P       P      2C     P

2D    P       3NT  P

6NT semua pass

Barat memulai permainan dengan heart.

Inilah kartu dummy dan anda.

DUMMY

♠ J65

♥ QJ6

♦ K32

♣ 9862

 

ANDA

♠ A2

♥ AK10

♦ A85

♣ AKQ54

Menggunakan penawaran standard Selatan buka 2C pada tangan ketiga, dan kemudian rebid 3NT atas jawaban 2D dari Utara. Harusnya rebid 3NT punya 25-27 HCP, tapi di-upgrade oleh Selatan karena ada 5 kartu club yang bagus.

Dengan kurangnya kartu tengah dan distribusi yang hampir duplikasi, rasanya tidak ada peluang untuk menyelamatkan kontrak ini. Sebetulnya deklerer akan menyerah down satu namun tiba-tiba teringat lagu d’massiv Jangan Menyerah. Setelah diteliti lagi ada peluang kecil agar kontrak bisa dipenuhi, dapatkah anda melihat syarat-syarat itu?

Bukan squeeze dari Hongkong ya, tapi serius ada peluang untuk menyelamatkan kontrak.

Dimanakah anda menangkan trik pertama?

Ini juga merupakan salah satu kunci keberhasilan.

Jika anda menangkan dimeja, anda harus mengucapkan selamat tinggal akan keberhasilan. Trik pertama harus anda menangkan di tangan.

Kemudian anda mainkan 4x club, namun terlihat tidak ada yang terluka karena Barat diskad spade dan heart, sementara Timur sekali diamond dan heart.

Salah satu teknik squeeze adalah membenahi hitungan, yakni squeeze terjadi jika loser kita hanya satu lagi atau kurang satu trik dari yang seharusnya. Disini loser anda ada 2 yakni satu di spade dan satu di diamond. Untuk itu anda harus menyerahkan dulu satu trik kepada lawan.

Apa yang anda mainkan?

Ya spade tentu saja.

Dari tangan anda mainkan spadekecil  ke arah Jack, dari Barat muncul ♠10 , bagaimana rencana anda?

Kontrak hanya bisa dipenuhi jika yang menjaga spade juga menjaga diamond. Jika anda mainkan ♠J dari meja, maka yang menjaga spade bisa kedua lawan karena spade anda yang tersisa kecil-kecil. Harapan anda adalah yang pegang ♠K dan ♠Q juga pegang panjang diamond, 4 atau 5 kartu atau lebih. Kalau 4 kartu ya harus ♦QJ109, kalo 5 kartu atau lebih boleh kartu apa saja. Juga bisa jika yang panjang diamond pegang spade 6 kartu dengan 1 honor saja. Kemungkinan terakhir ini tidak terlihat ketika club terbagi 2-2 dan dari diskad dari kedua pemain.

Inilah posisi 7 kartu terakhir.

DUMMY

♠ J6

♥ QJ

♦ K32

♣ –

 

ANDA

♠ A

♥ K10

♦ A85

♣ 4

Jadi anda mainkan spade kecil di meja, Timur ikut kecil. Barat kemudian beralih ke diamond, kartu apa yang anda mainkan?

Anda harus ambil ♦K di meja kemudian ke tangan dengan ♥K. Mainkan ♣4 untuk membuang diamond kecil di meja. Sekarang mainkan ♠A, mungkin ada honor yang jatuh. Ketika anda mainkan heart ke arah dummy, squeeze pun terjadi. Tak peduli siapapun yang pegang syarat-syarat tadi Barat atau Timur dia harus menyerah.

Ternyata yang kena squeeze adalah Timur dengan pegangan ♠ KQx dan ♦ QJ10xx.

Jangan pernah menyerah, barangkali  ada peluang kecil untuk menyelamatkan kontrak anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *