101

Pembalasan Yang Setimpal

Dalam kontrak yang optimistis (istilah lain dari overbid) seringkali anda harus menempatkan posisi kartu sedmikian rupa sehingga kontrak dapat dipenuhi.

 

Papan berikut terjadi dalam sebuah latihan pertandingan pasangan.
Setelah mendapat bottom mutlak pada papan sebelumnya karena lawan yang menawar dan bermain kontrak 7NT book dengan satu kartu kunci utama yang hilang berhasil di finesse (setelah periksa skor tidak ada yang bid 7), kami mendapatkan kesempatan membalas dengan penawaran 1NT-3NT.

 

Barat membuka permainan dengan ♠Q.
Inilah kartu dummy dan anda.

 

UTARA
♠ A8
♥ 95
♦ J10943
♣ K854

 

Anda
♠ K74
♥ QJ873
♦ A6
♣ AQ2

 

Indikasi pada trik pertama, pembagian spade 5-3.
Trik pasti anda baru 2 spade, 1 diamond dan 3 dari club. Trik tambahan harus dicari dari heart.
Bagaimana anda mengeksekusi kontrak ini ?

Jika honor heart terbagi di antara kedua lawan, kontrak akan mati jika Timur memenangkan heart pertama dan serang lagi spade. Harapan pertama anda dalam membukukan kontrak adalah Timur pegang kedua honor heart.

 

Namun ini belum cukup, Timur yang cerdik bisa menyerang diamond setelah mereka mendapatkan 1 trik spade.
Dengan demikian trik kalah anda adalah 1 trik spade, 2 trik heart dan 2 trik diamond.

 

Deklerer kali ini bermain teoritis dengan melakukan tundaan pada trik pertama.  Spade kedua dimenangkan oleh dummy dan benar saja Timur menyatakan pegangan ganjil.
Sesuai rencana deklerer kemudian bermain heart dari meja, Timur kecil dan deklerer main ♥Q menang.

 

Wah apakah ini Timur lupa naik dengan honor, dan Barat yang terpaksa harus menunda memenangkan trik heart untuk menjaga entry-nya?
Deklerer kemudian ke meja dengan ♣K untuk memainkan lagi heart.
Trik ini dimenangkan oleh Timur dengan ♥A, sementara Barat ikut dengan ♥10.
Tiba-tiba Timur beralih ke diamond, bagaimana rencana anda?

 

Dari indikasi defense terlihat bahwa harapan pertama anda terkabul, yakni Timur pegang kedua honor heart. Jika tidak tentunya Timur akan melanjutkan menyerang spade.

 

Namun kini ancaman baru muncul, yakni anda kalah 1 trik spade, 2 trik heart dan 2 trik diamond. Terpaksa deh anda melakukan permainan hebat lagi agar kontrak selamat.
Jika anda bermain kecil maka Barat menang dengan salah satu honor diamond dan kembali menyerang diamond.
Harapan kedua anda untuk menyelamatkan kontrak adalah 2 honor diamond di Timur, atau Timur pegang 2 kartu diamond kecil atau
Barat pegang honor diamond doubleton.

 

Deklerer secara logis memperhitungkan ini dan dia bermain sesuai prosentase tertinggi yakni berharap Barat pegang honor dua lembar dan atas pengembalian diamond dari Timur dia menangkan dengan ♦A dan kembali membebaskan heart. Timur bisa kembali diamond kecil untuk sang nyonya di Barat, namun sayang Barat tidak punya lagi diamond sehingga kontrak pun selamat.
Ketika di periksa skor, semua deklerer di arah US gagal memenuhi kontrak 3NT-nya sehingga pasangan anda pun mendapatkan top mutlak. Sebuah pembalasan yang setimpal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *