153

Hook

Bridge adalah suatu pertandingan yang hasilnya bisa berbalik dengan satu momen saja. Jika dalam sepakbola suatu tim hanya bisa mengejar satu gol setiap saat, basket maksImal hanya 3 point, tidak demIkian halnya dengan bridge karena suatu tim bisa menyusul ketertinggalan dengan belasan imp dalam satu momen saja (papan).

 

Oleh karena penilaian yabg demikian dinamis maka pertandingan bridge akan sangat menegangkan hingga papan terakhir. Suatu tim harus bermain dengan sangat teliti hingga detik terakhir pertandingan. Pernah terjadi tim kami sudah unggul lebih dari 40 imp dengan 4 appan tersisa. Namun dengan berat hati kami beritahukan ternyata tim kami kalah karena lawan mendapatkan lebih dari 50imp dari 4 papan tersisa.

 

 Demikian juga dengan papan berikut ini. Atas pembukaan anda dengan 1H, LHO melakukan Take out double, partner di Utara melakukan forcing berkali-kali dan karena merasa tertinggal menggunakan kesempatan ini untuk menawar slam 6H.

Barat memulai permainan dengan ♠Q dan inilah kartu dummy dan anda.

 

Utara

♠ xx

♥ AQ7

♦ AJ93

♣ A873

 

Selatan

♠ AKx

♥ J10954

♦ Q86

♣ Q10

 

Seperti terlihat tawaran anda memang ketinggian, namun bukan tidak ada peluang untuk membukukannya. Banyak sekali kondisi yang harus dipenuhi agar kontrak sukses.

Menang dengan ♠A, anda memainkan ♥9 dan ternyata menang.

Lanjut dengan kecil, ♥K muncul di Barat.

Jika saja ♥K tidak muncul mungkin anda berharap keajaiban di suit minor.

Ketika ♥K melapor anda menang dengan ♥A dan memainkan ♠K dan ♠ ruff, barat ikut dengan ♠J.

Informasi yang anda dapatkan, Barat hanya pegang 3 kartu spade dan 2 kartu heart.

Usaha pertama anda adalah memainkan club kecil ke arah ♣10. Namun sayang, barat menang dengan ♣J dan sesaat kemudian kembali dengan ♣K yang sekaligus memberangus ♣Q anda.

 

Inilah posisi kartu 6 kartu terakhir.

 

♠ –

♥ –

♦ AJ93

♣ 87

 

♠ –

♥ J10x

♦ Q86

♣ –

 

Bagaimana langkah selanjutnya dengan Utara sedang memegang lead?

Deklerer kemudian melanjutkan dengan ♣8, Timur diskad spade yang di ruff oleh deklerer, namun ♣9 masih bertengger.

 

Deklerer kemudian menarik truf terakhir dan Barat membuang selembar club, meja diskad diamond. Deklerer kemudian memainkan squeeze card-nya (truf terakhirnya) yang membuat barat menyerah. Jika buang club, deklerer akan buang diamond kecil di meja, kemudian finesse diamond. Jika buang diamond, deklerer akan buang club meja dan melanjutkan dengan diamond kecil ke Jack dan cash ♦A untuk merontokkan ♦K.  Ya, jika anda menawar ketinggian, anda harus bermain cantik. Selamat untuk deklerer.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *