Menggapai Puncak

Spread the love
Adalah lumrah dalam pertandingan pasangan dengan penilaian top-bottom seorang pemain mencoba menggapai puncak dengan penawarannya. Ini disebabkan bahwa perbedaan sedikit saja, misal 430 dan 420, akan memberikan penilaian yang berbeda yang dalam perhitungan patkawan tidak ada artinya.

 

Partai berikut terjadi pada babak kualifikasi nomor pasangan PORDA Jabar 2018. Anda memegang kartu berikut ini ♠ AK86 ♥ K8  ♦ AKJ7  ♣ J87 dan mendengar partner membuka penawaran dengan 1H. Lawan sebelah kiri mengganggu dengan tawaran loncat 2S, apa kira-kira penawaran anda?

 

Setelah mengetahui partner pegang 6 kartu heart, beberapa pasangan, termasuk di meja kami menawar normal 6H. Ini jelas bukan pemain top bottom. Beberapa meja lainnya menawar 6NT yang sangat logis mencari top dengan nilai yang lebih bagus dari 6H. Namun ada juga yang sedang tertinggal dalam perburuan nilai dan mencoba menggapai puncak dengan menawar 7NT, sbuah tawaran yang berpeluang tentunya.

 

Kartu diputar sedemikian rupa untuk kenyamanan.
Barat memulai permainan dengan ♣K dan inilah kartu dummy dan anda.

 

Dummy
♠ 3
♥ AQJ876
♦ 85
♣ A432

 

Anda
♠ AK86
♥ K8  
♦ AKJ7  
♣ J87

 

Barat tidak melakukan lead pembuka pada suit partnernya tetapi suit sendiri, club, tentunya pegang club yang bagus. Coba hitung dulu untuk kontrak slam.

 

Baru ada 6 trik heart, 2 spade, 2 diamond dan 1 club (11 trik).
Jika pada kontrak heart, ada peluang tambahan selain finesse diamond yakni ruff diamond sekali berharap ♦Q 3 kartu. Pada kontrak notrump, peluang adalah ♦Q kena finesse, atau mungkin squeeze club-diamond, atau double squeeze, tentunya dengan melakukan tundaan pada trik pertama.

 

Di meja kami, dari arah utara deklerer membawa kontrak 6H. Timur lead ♣5, atas ♣8 Barat main ♣K!!!
Namun deklerer memilih ruff sekali diamond, ketika ♦Q muncul, klaim 12 trik.  Jika tidak mungkin akan coba main club ke arah jack.

 

Bagaimana dengan kontrak 7NT?
Baru ada 11 trik. Deklerer yang logis terpaksa berasumsi bahwa ♦Q kena finesse karena tidak ada squeeze dengan 2 loser pada papan ini. Dengan asumsi ♦Q kena finesse, maka kontrak kemungkinan berhasil dengan men-squeeze Barat yang pegang club dan diamond.

 

Inilah kartu selengkapnya.

 

            Dummy
            ♠ 3
            ♥ AQJ876
            ♦ 85
            ♣ A432

 

Barat                 Timur
♠ 42                   ♠ QJ10975
♥ 1093               ♥ 54  
♦ 9632               ♦ Q104
♣ KQ1096         ♣ 5

 

            Anda
            ♠ AK86
            ♥ K2  
            ♦ AKJ7  
            ♣ J87

 

Setelah menang dengan ♣A, finesse diamond sukses, cash ♠AK buang club di tangan,dan mainkan semua heart, Barat kena squeeze di diamond dan club. Namun sayang yang menawar 7NT gagal menemukan cara main yang benar sehingga kontrak pun gugur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *