Tokoh Fiktif Bridge

Dalam dunia bridge kita mengenal tokoh-tokoh yang melegenda seperti Garozzo, Beladonna, Zia, Rixi Markus, Helen Sobel, dan lain-lain. Namun tokoh-tokoh ini adalah tokoh di alam nyata. Para penulis bridge juga mulai memperkenalkan tokoh-tokoh fiktif dalam tulisannya agar menarik. Tentunya cerita dibuat sedemikian rupa sehingga membangkitkan rasa humor.

Pada era 80-an kita mengenal tokoh Abbot dalam serial “Miracel of Card Play” karangan Terence Reese dan David Bird. Beberapa bukunya adalah:
“Unholy Trick”, “Cardinal Sin”, “Double Venerable”. Sementara itu Victor Mollo penulis Inggris lainnya (lahir di Rusia) juga menciptakan beberapa karakter lain yang dituliskan dalm seri “Hideous Hog”, pemain duplikat yang paling jago, Raeful Rabbit dll dalam seri bukunya berjudul Manageire.

Bagaimana dengan zaman now?
Kami akan perkenalkan beberapa tokoh fiktif dunia bridge zaman now. Tokoh kita kali ini bernama OFIDP (Obviously Finest Individual Duplicate Player). Tokoh ini seperti juga tokoh fiktif lainnya adalah tokoh rekaan, dan bila ada kesamaan sifat atau tingkah, ini hanya kebetulan semata.

Kadangkala OFIDP memberikan penjelasan yang detil tentang penawarannya (yang seringkali ngaco) dan umumnya dia meminta bayaran yang cukup tinggi. Tapi kini anda bisa menikmatinya dengan gartis tis.

Biasalah, gaya OFIDP rada sombong dan ngawur. 
Berikut salah satu wawancara dengan dia.

OFIDP: Seperti anda tahu, saya adalah pemain terbaik sedunia. Anda sangat beruntung bisa menonton saya bermain.
Wartawan: Terus siapa dong saingan anda?
OFIDP: Sangatlah tidak fair untuk membandingkan saya dengan Bob Hamman, Michael Rosenberg, Jeff Meckstroth, Benito Garozzo. Sama saja membandingkan Cicak dengan Buaya. Tak ada satupun yang dapat menyamai bakat saya yang luar biasa dan tak satupun yang mampu bersaing dengan saya dalam bridge.

Udahlah ah, gak enak mendengar obrolan OFIDP.

Mari kita saksikan salah satu partainya OFIDP.

OFIDP memegang kartu berikut: ♠ A976 ♥ AQ862 ♦ K72 ♣9 dan mendengar partnernya menawar 1C standard. Lawan sebelah kanan pass, OFIDP respon 1H sambil berkomentar pegangan saya kurang kuat untuk jump shift. Partnernya menaikan ke 2H dengan sedikit permohonan maaf.

Menurut anda, tawaran apa yang terbaik yang dilakukan OFIDP?
Normalnya kita akan menawar 4H, namun OFIDP menawar 4C (splinter?). Partnernya cepat-cepat menwar 4H karena pegangan biasa dan responder pendek di club.

Akhirnya OFIDP, menawar 4NT dengan penjelasan sbb:
Partner saya menjawab satu As ketika saya tanyakan dia dengan Gerber 4C. Mungkin karena partner saya bukan expert, dan belum pernah dengar Gerber.

Untuk itu saya perlu tahu apakah dia pegang King truf, sehingga aman bagi saya untuk menggunakan blackwood. Gerber yang diikuti dengan Blackwood adalah kreasi saya sendiri. Oh may God, super ngaco ini. Saya bisa berhenti dengan aman di 4H tetapi ketika dia pegang As, ada peluang untuk main slam.

Partnernya menawar 5NT, artinya 2 keycards dan ada void. OFIDP pun menawar slam 6H.

Barat memulai permainan dengan ♣J dan inilah kartu dummy dan OFIDP.

Utara
♠ –
♥ KJ73
♦ J983
♣ AKQ43

Selatan (OFIDP)
♠ A976
♥ AQ862
♦ K72
♣ 9

OFIDP dengan cepat menang dengan ♣ A dan memberi ceramah.
Kontrak slam pada tangan yang benar (maksudnya, jika dia deklerer selalu pada tangan yang benar)

Setelah melihat dummy, OFIDP berkomentar, dengan 5 trik heart di tangan, 4 trik club dan 2 trik spade ruff di meja dan dengan ♦A  onsite saya punya 13 trik, heran juga kenapa partner gak call grand slam. Phew….

OFIDP melanjutkan dengan ruff small club di tangan dan mainkan ♠A sambil membuang diamond kecil dan ruff spade. Naik ke tangan dengan heart, dia ruff spade sekali lagi.

Kemudian dia mainkan heart dari meja, mujur heart terbagi rata 2-2.

Inilah posisi 6 kartu terakhir.

           Utara
           ♠ –
           ♥ –
           ♦ J98
           ♣ KQ4

Barat              Timur
♠ –                    ♠ QJ10
♥ –                    ♥ –
♦ A104            ♦ Q65
♣ 1083            ♣ –

           Selatan (OFIDP)
           ♠ 6
           ♥ Q8
           ♦ K72
           ♣ –

Dapatkah anda memenuhi kontrak ini dengan semua kartu terbuka?

OFIDP sudah mau claim dengan mengatakan 3 trik club lagi di dummy dan 2 trik truf di tangan dan anda bisa memenangkan trik dengan ♦A anda pada trik terakhir. Namun claimnya ditolak. OK deh, akan saya mainkan agar anda tahu bagaimana mengeksekusinya.

Normalnya deklerer akan cash club dan membuang spade dan main diamond ke arah King dan kontrak mati karena ♦A salah tempat. Tetapi tidak demikian yang dilakukan OFIDP. Mengetahui ♦A ada di Barat, dia mainkan club dan Timur buang selembar spade dan OFIDP sedikit kaget. Namun dia dengan tenang melanjutkan club sambil membuang dua kartu diamond dan membiarkan ♦K selembar.

Ketika club terakhir dimainkan, Timur terpaksa meninggalkan ♦ Qx dan selembar spade, masih aman. Namun OFIDP kemudian memainkan truf terakhirnya yang membuat Timur menyerah sehingga kontrak 6H bikin. Ketika ♦Q tinggal selembar, OFIDP akan main ♦K merontokkan Queen Timur dan menikmatitrik terakhir dengan ♦J di meja. Sebuah penyelesaian yang cantik dari OFIDP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *