Dari Arena APBF Youth 2019

APBF Youth Championship ke-23 baru saja usai diselenggarakan di Bangkok sejak 5-11 April 2019 kemaren. Indonesia berjaya dengan raihan 1 medali emas dalam nomor Girls U26, satu medali perak dari nomor APBF Youth MP Pairs atas nama Elsya-Hendrik dan satu medali perunggu dari nomor Juniors U26.

Beberapa partai menarik dari event tersebut akan kami ulas di sini.

Pada sesi ke-6 putaran kedua junior, anda dihadapkan dengan kontrak 3 NT atas penawaran sbb:
Semua bahaya, W dealer.
W N E S
2H – – 2NT
– 3NT all pass

(posisi papan diputar untuk kenyamanan)

Menerima lead ♥Q, inilah kartu dummy dan deklerer.

♠ K96
♥ 1075
♦ KQ109
♣ A93

♠ QJ8
♥ AK
♦ A83
♣ Q8542

Timur memberikan sinyal genap, bagaimana rencana main anda?

Seperti biasa, kontrak NT, anda berhitung trik pasti alias immediate winners. Baru ada 6 trik pasti, 2 di heart, 3 di diamond dan 1 di club. Masih kurang 3 trik lagi.

Tambahan trik bisa didapat dari club, dari spade atau dari diamond.

Rencana mana yang anda pilih?


Dong Jinha dari China memilih membebaskan spade dengan asumsi kartu kunci yang terpisah. Ketika Barat menang dengan ♠A dan membebaskan heart, deklerer kemudian main club ke Queen, dan kontrak mati karena Barat pegang kedua kartu kunci.

T. Libman (Australia) di meja lain langsung bermain club setelah memenangkan heart pertama dan main ♣A dan club kecil di dua tangan. Beruntung karena ♣K di Barat doubleton.

Ketika melawan Jepang, Fajar Pangestu dari Indonesia memainkan club dengan cara yang salah juga sehingga kontrak mati.

Cara main yang menarik diperlihatkan oleh Derek Neo dari Japan.
Setelah menangkan heart pertama, Derek langsung membebaskan spade. Barat menang dan melanjutkan heart. Derek cash semua spade dan mulai memainkan diamond, namun sayang diamond tidak rata tetapi dia dapat indikasi yang baik ketika Barat diskad heart. Setelah berpikir sejenak, Derek akhirnya memilih memainkan spade untuk melakukan end-play terhadap Utara. Selamat untuk Derek Neo.

Cara main seperti Derek ini tentu lebih berpeluang karena ♦J bisa saja jatuh.
Andaikan Timur yang menang ♠A, anda bisa juga melakukan endplay ke Barat seperti yang dilakukan Derek Nio.  Pilihan akhir antara endplay dan main club ke arah king masih tetap ada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *