187

PENGELABUAN

Dalam dunia bridge banyak cara legal yang bisa dilakukan untuk mengelabui lawan. Misalnya berpura-pura pegang singleton, memperlihatkan distribusi yang salah, menang dengan kartu yang tidak seharusnya dan lain sebagainya. Tetapi ingat semuanya harus legal. Jika anda berpikir lama padahal tidak ada apa-apa, maka tindakan semacam ini adalah TIDAK LEGAL.

Permainan mengelabui lawan berikut ini diperlihatkan oleh Erwin Lienanda salah seorang pemain dari Jawa Barat. Partai ini terjadi pada awal tahun 2000an dalam sebuah turnamen besar di Jakarta.

Penawaran berlangsung singkat:

1NT (15-17)    –   2D

2H                  –   3D

3NT

Barat memulai permainan dengan ♠6 dan inilah kartu dummy dan deklerer.

DUMMY
♠ 10
♥ AQJ102
♦ J985
♣ 986

DEKLERER
♠ AQ5
♥ K3
♦ A10764
♣ Q5

Selatan membuka penawaran dengan OFF-SHAPE, 5422.

Bagaimana rencana anda untuk mendapatkan 9 trik?


Baru ada 7 trik pasti. Peluang anda adalah dengan membebaskan diamond.

Erwin yang bertindak sebagai deklerer melihat ada bahaya di suit club.
Lawan yang bagus akan menemukan kelemahannya dan menyerang club sebelum dia sempat mendapatkan trik ke-9.

Untuk itu dia coba mengelabui pasangan Jildy Tonte-Memed Hendrawan (alm). Bukannya menang dengan ♠Q, Erwin menang dengan ♠A!!!.

Menyeberang ke meja dengan ♥3 ke ♥Q, Erwin melanjutkan dengan ♦J. Timur ikut kecil dan Jildy menang dengan singleton ♦K. Tanpa berpikir panjang dan sangat logis Barat kembali spade kecil ke “Queen” partnernya. Ternyata yang pegang ♠Q Erwin sang deklerer yang kemudian memainkan semua heart kemudian finesse diamond untuk mendapatkan 11 trik.

Terjadi salah pengertian di sini, siapa yang harus disalahkan?
Mungkin cash ♠K akan lebih baik, yang meminta partner unblock ♠Q (jika punya). namun bisa jadi ♠9 jadi penahan kedua di tangan deklerer. Smith signal mungkin bisa membantu yang memberitahu bahwa saya suka atau tidak suka akan lead anda partner.

Jika saja Timur pegang kedua honor diamond, kontrak akan mati banyak karena ♠Q kini tagepe (terjepit), namun teknik pengelabuan disini perlu diacungi jempol.

Di meja sebelah Barat menemukan lead mematikan club. Namun karena tidak ada entry yang jelas (♠Q9xx ♥ 97 ♦ Qxx ♣ AKJ10x, Timur terpaksa duck dulu club, namun deklerer hanya punya 8 trik dan kontrak 3NT pun mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *