Dari Arena Pasangan Online

Iseng-iseng berhadiah dengan mempengaruhi deklerer

Partai berikut terjadi di babak semifinal Kejuaraan Nasional Pasangan Online. Penawaran berlangsung singkat tanpa gangguan lawan.
Selatan membuka penawaran dengan 1D precision, yang dijawab Utara dengan 1S dan Selatan rebid 2D dan di pass sekeliling.

Anda memulai permainan dengan ♥2 dan inilah kartu dummy dan anda.

   DUMMY
♠ KQ76
♥ 103
♦ 1093
♣ K1092
Anda (BARAT)
♠ AJ105
♥ Q762
♦ Q54
♣ Q3

Anda memulai permainan dengan ♥ 2, deklerer main ♥3 dan menangkan ♥K partner dengan ♥A. Dengan cepat deklerer memainkan spade, yang anda tangkap dengan ♠A.

Sejenak berpikir anda kemudian cash ♥Q, deklerer jatuh ♥J.
Anda kemudian mereka-reka point deklerer, ♥AJ dan ♦ AJ dengan ♣J atau ♦AK(J). Distribusi deklerer gak jelas, bisa 6 kartu diamond atau 5 kartu diamond dan 4 kartu heart.

Bagaimanapun jika deklerer pegang ♣J tetap akan finesse ♣Q anda dan anda pun dengan tenang kembali ♣Q. Partner menang dengan ♣A dan cash ♣J dan meneruskan club yang anda ruff.

Sudah didapat 5 trik, apa langkah anda selanjutnya?

Jelas sudah point deklerer adalah ♥ AJ dan ♦ AK atau ♦ AKJ, 5 atau 6 kartu diamond.
Jika deklerer pegang 6 kartu diamond, anda tidak ada peluang sama sekali karena diamond akan jatuh. Tetapi jika deklerer hanya pegang 5 kartu diamond AK, anda punya peluang karena bisa saja deklerer menganggap partner anda pegang ♦QJx kartu sehingga deklerer melakukan double finesse.

Bagaimana caranya kan tidak ada entri ke meja?

Untuk itu anda beri kemudahan buat deklerer dengan kembali diamond kecil. Benar saja, partner muncul dengan ♦J yang dimenangkan deklerer dengan ♦K. Ke meja dengan heart ruff, deklerer kemudian finesse diamond untuk kemenangan queen anda.

Selamat anda berhasil mempengaruhi deklerer. TB mendapatkan skor 70% di papan ini dari yang seharusnya rata-rata 50%.
Tokoh kita di barat adalah: STEFLY Saroisong yang berpasangan dengan Mac Wajong berhasil menempati peringkat teratas babak semifinal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *