Jalan Satu-satunya

 
Apa yang akan anda lakukan dalam mengeksekusi suatu kontrak jika yang tersedia hanyalah satu-satunya peluang agar berhasil. Haruskah anda memilihnya atau mengharapkan pihak bertahan melakukan kesalahan?
 
Papan berikut ini menggambarkan hal itu. Papan ini terjadi pada babak sesi-6 Consolation Telkom Indonesia Open 2019 kemaren. Tanpa ganguan lawan anda mendarat pada kontrak 3NT berikut ini:
 
Selatan    Barat    Utara    Timur        
1NT        pass     2C       pass
2D         pass     3NT      semua pass
 
Barat memulai permainan denagn ♠3 dan inilah kartu dummy dan deklerer.
 
Dummy
♠ J962
♥ AK63
♦ 92
♣ J5
 
 
Deklerer
♠ K5
♥ Q9
♦ AKJ103
♣ Q864
 
Ya, deklerer membuka penawaran dengan distribusi 2254. 
Deklerer bermain kecil dari dummy dan memenangkan ♠8 Timur dengan ♠K.
Bagaimana rencana anda selanjutnya?
 
Sebagai deklerer atas kontrak notrump, anda pun berhitung. Baru ada 6 trik pasti, 1 dari spade, 3 dari heart dan 2 dari diamond. Satu-satunya peluang trik tambahan yang bisa menyelamatkan kontrak hanya dari diamond.
 
Bagaimana anda mengolah warna ini?
Dengan hanya 7 lembar diamond berdua, teori prosentase mengajarkan anda bahwa anda harus langsung finesse Queen ke Timur. Namun anda kesulitan dalam entry. Anda harus memainkan semua kartu menang heart dan baru kemudian finesse diamond.
 
Jika saja finesse gagal maka kontrak anda berantakan. Lawan sedikitnya mendapatkan dua trik spade, satu trik heart, satu trik diamond dan dua trik club.
 
Bagaimana kalo bermain ♦AK dan berharap d♦Q jatuh? Peluangnya sih ada, cuman sangat keciiil sekali. Jika sang nyonya tidak jatuh kontrak anda juga tidak selamat karena sudah ada lima trik defense, yakni dua trik spade, dua trik club dan satu trik diamond.
 
Bridge adalah permainan prosentase, sehingga peluang satu-satunya yang ada yang seharusnya anda pilih.
Jika anda konsisten dengan pilihan yang logis ini, anda pun berhasil menyelamatkan kontrak, karena ♦Q ternyata memang empat kartu di Timur. Anda mendapatkan 5 trik , 1 trik ♠, dan 3 trik .
 
Di meja sebelah, Selatan menerima lead , sehingga belum ada truk ke-9. Deklerer harus mencari trik tambahan dari spade untuk kontrak.
 
Permainan seperti ini dikenal sebagai “Percentage Play”, bermain dengan prosentase tertinggi. Jika gagal pun, anda telah bermain secara maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *