Exception Rules

Spread the love

Exception Rules

 
Dalam bridge kita mengenal banyak sekali aturan atau rule dalam bermain, defense atau pun bidding. Misalnya aturan menghitung trik pasti pada kontrak notrump, menghitung loser dalam kontrak truf. Mencari tamabahan trik dari suit yang menghasilkan banyak trik atau juga yang cukup populer  8 Ever 9 Never. Mudah-mudahan sudah tahu semua….. 
 
Namun Bridge juga terkenal dengan slogan “Bridge rules are full of exceptions”. Ya benar sekali, kalo semua orang hanya perlu mengetahui rules dan mengimplementasikannya secara buta di atas meja, bridge akan menjadi tidak menarik. Di sinilah peran pemain untuk menentukan apakah dia akan mengikuti rule atau mengkombinasikan antara satu rule dengan yang lainnya sehingga didapat rencana yang lebih mantap, atau malah mengabaikan rules sama sekali.
 
Dalam babak semifinal Kejurnas Online Beregu Antar Kota dan Kabupaten, anda dihadapkan dengan kontrak 3NT berikut ini.
 
DUMMY
♠ J7654
♥ 1065
♦ AQ
♣ A106
 
SELATAN
♠ KQ102
♥ AK42
♦ 107
♣ QJ5
 
Penawaran berlangsung cepat. Selatan membuka penawaran 1NT yang langsung dinaikkan Utara ke 3NT.
Menerima lead ♥Q, bagaimana rencana anda?
 
Jika salah satu finesse berhasil, kontrak anda aman. Demikian juga dengan kontrak 4♠ lawan.
Tetapi jika kedua finesse kalah, kontrak 4♠ terlihat mati, namun anda berpeluang memenuhi kontrak 3NT anda. 
 
Bagaimana rencana main anda?
 
Bagi deklerer yang kurang teliti, menang dengan dengan ♥K, akan dengan segera membebaskan spade, mengikuti rule mencari trik tambahan yang banyak menghasilkan trik tentunya dari suit yang panjang.
 
Setujukah anda dengan permainan ini?
Jika semua finesse salah, maka hanya akan didapat 4 trik spade, 2 trik heart dan satu trik dari diamond serta satu dari club. Deklerer yang baik harus memperhitungkan jika finessenya salah.
 
Ada bahaya lawan menyerang diamond. Misalkan Barat menang dengan ♠A dan serang diamond, anda finesse gagal. Lawan tentu akan kembali menyerang diamond.
Anda harus mencari trik ke-9 dulu sambil melindungi diamond anda dengan main ♣Q. Aturan pengecualian, yakni mencari trik tambahan bukan dari suit terpanjang lebih dulu.
 
Misalkan trik ini kalah dan Timur kembali heart. Langsung anda terkam dengan ♥A dan kemudian baru bebaskan spade. Kartu kalah maksimal adalah 2 trik heart dan 1 trik spade dan 1 trik club.
 
Pikir itu pelita hati.
Perhatikan keterkaitan rule antara yang satu dengan yang lain. Dalam kasus ini adalah rule membebaskan suit panjang dengan tangan bahaya. 
Selamat berlibur….
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *