TETIBA JALAN ITU TERLIHAT

Spread the love

Bermain Challenge, sebuah fasilitas yang disediakan oleh Bridge Base Online (BBO) memungkinkan kita berkompetisi dengan teman kita untuk mengadu keahlian semua aspek permainan bridge dimulai bidding, deklerer play, dan dalam defense. Kita akan bermain melawan tiga robot dan kartu yang sama akan dimainkan oleh teman kita sehingga skornya bisa dibandingkan. Bagi yang sudah berpengalaman dengan permainan ini, pemain kerap memanfaatkan kelemahan robot dalam defense sehingga sering melakukan tawaran ‘hook’ ke atas.

Keuntungan bermain challenge adalah kita bisa menemukan kartu-kartu yang menantang sehingga meningkatkan skill declarer play kita. Sementara dalam defnese dan bidding
karena kurangnya konvensi, keuntungan yang didapat hampir tidak ada.

Dalam sebuah partai, penawaran berlangsung sbb:

GIBN pass, RHO buka dengan 1H, dan anda memegang ♠ A72 ♥ 8 ♦ AKJ2 ♣ A10764 melakukan take out double. LHO pass, dan GIBN bid invite 2S yang dengan senang hati anda naikkan ke game.

S       B         U        T
pass 1H       X        pass
2S     pass   4S      semua pass

Kartu diputar untuk kenyamanan.

Barat memulai permainan dengan ♥A dan inilah kartu dummy dan anda.

DUMMY
♠ A72
♥ 8
♦ AKJ3

♣ A10764

DEKLERER (mengambil alih GIBN)
♠ K654
♥ QJ97
♦ 85
♣ K92

Pada trik kedua, Barat kembali diamond ♦10, bagaimana rencana anda?

Pada pandangan sekilas anda kehilangan kontrak terbaik 3NT, namun dengan lead dan defense yang benar kontrak 3NT akan mati.
Pada kontrak ini anda tentu berharap truf terbagi rata 3-3 demikian juga dengan club terbagi rata 3-2 sehingga sebanyak 10 trik akan bisa didapatkan.  Waduh, terlalu banyak syarat…..

Deklerer sudah pasrah. Menang dengan ♦ A, deklerer kemudian main club kecil ke arah King. Sang robot pun ruff, sehingga membuat anda terlonjak. Barat kemudian kembali ♦2?

Deklerer terjaga dan melihat ada peluang untuk menyelamatkan kontraknya.
Dapatkah anda membantu?

Deklerer mulai berhitung. Dengan void club, Barat maksimal punya 10 point jika tidak punya ♦Q. Tambahan tidak ada cara mendapatkan 10 trik jika  ♦Q tidak kena finesse.

Jika distribusi Barat 4540 dan pegang ♦Q, anda sudah punya solusi untuk kontrak. Deklerer dengan gagah berani finesse dengan ♦J dan berhasil. HOREEE….. Dilanjutkan dengan ♠A dan ♠K, kedua lawan ikut, Timur ikut dengan ♠J. Dilanjutkan dengan ♥Q, Barat tindih dengan ♥K yang memudahkan tugas deklerer.

Ruff di dummy dan cash ♦K dan ruff diamond. Perlihatkan club ke Barat yang menolak meneruf. Menang dengan ♣ A, anda ruff yang kali ini di-overruff Barat dan terpaksa kembali heart ke arah ♥J9

Seandainya Barat tidak tindih ♥Q, deklerer terpaksa berasumsi Timur pegang ♥10xx dan main ♥J untuk sekalian merobohkan ♥10.

Ya, ketika menghadapi kontrak sulit, berpikirlah optimis dengan menganggap semua kartu berpihak kepada anda.

Kartu defender adalah:
BARAT                  Timur
 Q1098                  J3
♥ AK532                ♥ 1064
♦ Q1072                 ♦ 964

  –                         QJ853

Kontrak 3NT akan mati jika defender mulai dengan spade.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *