Dari Pelangi Master Pairs

Spread the love
Apa yang anda buka dengan pegangan berkut: ♠ – ♥ AQJ9742 ♦ Q2 ♣ 10762 pada tangan kedua dalam kondisi aman setelah lawan sebelah kanan pass?
Mari perhatikan dari 18 meja yang memainkan papan ini di ajang Pelangi Master Pairs. 9 pasangan membuka tawaran dengan 4H dan kontrak berakhir di 6H. Satu pasang buka 4H dan ditinggal partner.

 

Sementara 6 pasang buka 3H (atau 3D transfer) dan 5 diantaranya berhenti di 4H, dan satu lagi melaju hingga ke 6H. Dua pasang lagi,masing-masing menilai kekuatannya terlalu lemah atau terlalu kuat. Yang satu buka weak-2 sementara satu lagi buka 1H. Keduanya berakhir di kontrak game 4H.
hasyim_a 4H –>6H (sukses)
Kevin04 4H –>6H (sukses)
Erwinl   4H –>6H
Leonhart 4H –>6H
Herdian 4H –>6H
Gabrialsew 4H–>6H
padalarang  4H–>6H (sukses)
Kiban 4H–>6H
koplo 4H–>6H
Alunand94 4H–>4H
Sembada 3H –>6H
Bri4n4  3H –>4H
Rustam51 3H–>4H
kudz 3D–>4H
Beni JI 3H–>4H
Gabrialian 3H–>4H
Teling 2D –> 4H
laksemana 1H–>4H

 

Seperti terlihat hanya 3 deklerer (dari 10) yang berhasil menyelesaikan kontrak ini. Lead yang umum adalah ♠K dan inilah kartu dummy dan anda sebagai deklerer. (kartu diputar untuk kenyamanan)

 

Dummy
♠ AJ543
♥ K3
♦ A1065
♣ AJ

 

Deklerer
♠ –
♥ AQJ9742 
♦ Q2 
♣ 10762

 

Anggaplah anda bid tanpa gangguan seperti 4H-6H.
Bagaimana anda mengeksekusi kontrak ini ketika menerima ♠K sebagai kartu pembuka.

 

Seperti biasa, untuk kontrak truf kita menghitung loser. Ada 3 loser club di tangan dan satu loser di diamond. Hanya satu kartu menang dummy yang bisa membuang satu loser di tangan. Satu loser club bisa di ruff di dummy, tapi masih tersisa satu lagi loser. Jadi bagaimana rencana anda?
Padalarang memilih memenangkan trik pertama di dummy dan membuang selembar club di tangan. Kemudian melanjutkan dengan main diamond ke arah Q. Timur menang dengan K.
Dan kontrak pun berasil karena Jxx 3 kartu di barat dan truf terbagi 2-2. Secara prosentase cara main ini berpeluang sukses sekitar 6%. Dan deklerer beruntung dalam hal ini.

 

Kevin04 dan Hasyim_a memenangkan trik pertama dengan ♠A dan membuang ♦2. Spade ruff dan ♣2 ke ♣J. Timur menang dengan ♣Q, dan sayang kedua defender gagal menemukan switch yang mematikan ♦K (emang susah sih, yang menghilangkan adanya squeeze). Pengembalian heart dimenangkan di tangan, deklerer sempat ruff sekali club dengan K dan kemudian ke tangan dengan ruff spade dan memainkan semua truf yang memeraz kedua lawan, Barat di spade dan diamond, Timur di club dan diamond. Kontrak pun bikin.

 

Cara yang lebih baik tentunya ruff spade pertama dan main club. Spade kedua baru cash ♠A untuk buang 2 dan permainan berlanjut seperti yang diperlihatkan oleh Kevin04 dan Hasyim_a.

 

Inilah kartu defender selengkapnya.

 

Barat                 Timur
♠ KQ10982       ♠ 76
♥ 106                  ♥ 85
♦ J87                   ♦ K943
♣ 94                   ♣ KQ853

 

Cara main seperti ini mempunyai peluang berhasil tinggi sekali. Barat pegang honor club 2 atau 3 lembar, atau kedua honor club. Dan peluang squeeze yang banyak sekali variasinya.

 

Sebagian besar deklerer yang gagal karena terlalu santai ketika dibalikkan truf oleh Timur yang terpaksa dimenangkan di dummy sehingga Barat sempat ruff club ketiga.

 

Pelajaran pentingnya, setiap pemain harus berkonsentrasi trick by trick.
(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *