Rencana Cadangan Yang Matang

Spread the love

Deklerer yang baik tentu membuat perencanaan yang matang akan kontrak mereka. Rencana dasar akan dia buat sementara rencana cadangan dia persiapkan jika terjadi sesuatu. Demikianlah yang dipersiapkan oleh pemain muda berbakat dari Nowegia Espen LIndqvist.

Papan berikut ini terjadi pada babak final nomor pasangan open Kejuaraan Dunia tahun 2014 lalu di Sanya China. Pada tangan ketiga Espen Lindqvist di

Selatan dengan sistem penawaran natural membuka penawaran dengan 1D, Barat overcall dengan 1H. Utara memberikan dukungan dengan 2D, Timur melakukan X informasi, memberitahukan ada sesuatu. Lindqvist kemudian loncat ke 4C, splinter, dan Utara menutup kontrak 5D.

Dalam kondisi semua bahaya, penawaran berlangsung sbb:
U T S B
pass pass 1D 1H
2D X 4C pass
5D semua pass

Barat membuka permainan dengan ♠10 dan inilah kartu dummy dan deklerer.
DUMMY
♠ J2
♥ 106
♦ Q974

♣ A6543

LINDQVIST
♠ A763
♥ AQ93
♦ AK1086
♣ –

Bagaiamna rencana anda?
Seperti terlihat ada 3 loser spade, satu sudah pasti, dua lagi bisa anda ruff di meja. Sedangkan heart, ada 1 loser, dan 1 lagi dibuang dari ♣A dan satu lagi bisa di ruff di dummy dengan ancamanan di overruff oleh Timur.

Jadi rencana yang utama adalah meneruf dua kali spade di dummy. Dengan Barat panjang di suit heart, ada peluang dia pendek di spade. ruff dua kali spade adalah rencana yang masuk akal.

Espen membiarkan trik pertama dan memenangkan lanjutan spade ketika Timur ikut dengan King.
Apakah langkah anda selanjutnya?

Akankah mencabut sekali truf, ataukah langsung meneruf spade?
Persiapkan rencana cadangan anda, jika misalnya Barat yang panjang spade!
Bagaimana semua itu dilakukan oleh Espen Lindqvist dapat anda saksikan dalam video berikut ini, MEET THE MASTER – ESPEN LINDQVIST. Permainan brilian dengan perencanaan yang matang ini dihadiahi best declarer play pada tahun 2015 lalu oleh IBPA.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *