Giorgio Belladonna, Pemain Bridge Terhebat Sepanjang Masa

Spread the love

Giorgio Belladona adalah salah seorang maestro bridge dunia. Dia adalah salah satu pemain terbaik sepanjang masa. Belladonna dilahirkan pada 7-Juni-1923 dan meninggal pada 12 Mei 1995. Meninggalkan seorang isteri, dua anak dan 2 orang cucu.
 

Belladonna adalah anggota Blue Team yang paling sukses karena memenangkan 16 Gelar Kejuaraan dunia yakni 13x Bermuda Bowl yang 10x diantaranya berturutan dari akhir 50-an hingga awal 70-an serta 3x World Team Olympiad. 

 
Partner tetapnya adalah Walter Avareli selama 20 tahun dan kemudian berganti dengan Benito Garozzo. 
Sama dengan tipe para juara lainnya, Belladonna adalah agressive bidder dan konsentrasinya tidak bisa diganggu di meja bridge. Seorang extrovert yang ceria, jago teori dan creator Roman Club bidding system yang merupakan system yang digunakan oleh Blue Team. Terakhir bersama Garozzo mencipakan Super Precision.
 

Papan berikut ini memperlihatkan bagaimana permainannya yang spektakuler sehingga mampu menciptakan 2 trik tambahan untuk memenuhi kontraknya.

Memegang ♠ AQ10 ♥ K754 ♦ AKQ1076 ♣ –  dalam kondisi semua aman, lawan sebelah kanan membuka penawaran dengan 4xC, apa yang dia lakukan, bukannya double tapi malah bid 5♣ sehingga memaksa dia untuk bermain di tingkat 6, yakni 6♦.

Barat memulai permainan dengan ♣8 dan untung saja partner dalam ini Garozzo mempunyai kartu yang sangat membantu.
 
Dummy
♠ 7654
♥ A83
♦ J32
♣ KQ5
 
Deklerer
♠ AQ10 
♥ K754 
♦ AKQ1076 
♣ –
Kontrak 6D, opening lead ♣8.
 
Atas ♣K dummy, Timur main ♣A yang diruff oleh Belladonna.
Timur ikut sekali ketika memainkan truf. 
Bagaimana rencana anda?
 
Dari hitungan loser, sedikitnya ada 2 loser (1 dari spade, loser spade yang lain dibuang dari ♣Q, dan satu atau dua loser heart.). Bagi yang berharap heart terbagi rata-rata 3-3 dan ♠K yang kena finesse tentunya bisa menyelamatkan kontrak ini. Namun peluang untuk harapan tersebut sangatlah kecil dan Belladonna mengabaikan itu semua.
 
Hayo bagaimana rencana anda? Silakan dicocokkan dengan rencana sang Maestro Giorgio Belladonna pada link video berikut MEET THE MASTER – BELLADONNA :
 
(Visited 35 times, 1 visits today)

Leave a Reply