Partai Dari Seleknas… (2)

Pada berikut ini terjadi pada ajang seleknas mixed 2019 kemaren.

Melalui penawaran yang cukup panjang dibawah ini, kontrak akhir didapat yakni 4S.

U   T      S   B
1C pass 1D pass
1H pass 1S* pass
1NT pass 2H pass
2S pass  2NT pass
4S semua pass

1S= 0-4; 1NT=20-21

Kartu diputar sedemikian rupa demi kenyamanan.

UTARA
♠ A63
♥ AQ9
♦ A654
♣ AK3

TIMUR
♠ Q109
              ♥ KJ6
              ♦ 103
♣ Q10872

Pemain junior U26 Indonesia Elsya menjadi deklerer dan mendapat lead yang menguntungkan, yakni diamond kecil. Ketika Timur ikut dengan 10, Elsya menang dengan J.

Sistem penawaran telah membuat semua rahasia negara terbuka di meja. Tentunya dengan ini defense anda di Timur akan lebih gampang.

Setelah menang trik pertama, deklerer kemudian main spade kecil di dua tangan. Barat menang dengan ♠ J. Barat kemudian serang club dengan kembali ♣4 (3/5).

Deklerer menang dengan ♣A dan cash ♠ A, barat ikut dengan ♠ K. Deklerer melanjutkan dengan diamond ke arah ♦K dan diamond ke A. Apa yang anda lakukan sebagai Timur?

Jika anda berhitung, Selatan sudah memperlihatkan 4 point. Mungkin masih ada 1 point lain, ♣J, mungkin juga tidak. Bagaimana rencana defense anda?

Bagi yang sudah mengetahui bahwa Barat pegang 3 kartu club, yakin bahwa kendati ada ♣J di Selatan, pasti hanya 2 kartu, dengan gampang Timur bisa kembali ♣Q untuk pin ♣J Selatan. Jadi bagaimana defense anda?


Dengan pikiran demikian anda ruff A, dan kembali ♣Q, namun ♣J tidak muncul di Selatan. Menang di dummy, deklerer lanjutkan dengan club kecil yang dia ruff. Analisa anda betul, memang deklerer hanya doubleton club.

Trik berikutnya deklerer main heart ke arah Q, yang anda menangkan dengan K, namun tiba-tiba anda panik tak tahu mau kembali apa. Anda kembali heart berharap partner ada 10 namun tidak ada dan kontrak pun bikin. Catatan, jika partner ada 10, deklerer akan main ke 9.

Jika saja anda tidak ruff A, deklerer akan kesusahan, apalagi jika anda diskad heart. Namun jika deklerer membaca kartu anda dengan benar dia tetap bisa memenuhi kontraknya.

Deklerer yang baik akan mengetahui bahwa ♠Q ada di Timur. Barat akan lead spade jika pegang ♠KQJ, daripada beresiko lead . Jika discard club, kontrak akan bikin, karena Timur akan setor heart. Tetapi jika anda discard  heart, anda punya 2 kartu club sebagai kartu keluar ketika deklerer ruff club ketiga dan memainkan spade untuk kemenangan anda.

Pelajaran yang bisa diambil adalah pikirkanlah dua tiga langkah ke depan jika melakukan sesuatu. Beri kesempatan deklerer berbuat salah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *