342

Dari Arena APBF Youth …(2)

Berasumsi dan berpikir logis adalah beberapa modal kuat yang harus dipunyai oleh pemain bridge. Hal ini diperlihatkan oleh pemain junior Indonesia ke APBF Youth Championship ke-23 Thedy Setiawan. Pemain Kalimantan Barat kelahiran 22 Januari 1994 ini merupakan salah satu pemain dengan kualitas declarer play yang bagus. Ketika di Pelatnas diajarkan Tema Squeeze, dengan rendah hati dia menyatakan sudah memahami tema ini.

Berpasangan dengan Fajar Pangestu, Thedy-Fajar menggunakan sistem presisi dengan transfer response yang digabungkan dengan variable NT yang sangat luas mulai dari mini hingga medium NT (10-15). Lawan yang kurang siap dengan defense atas pembukaan ini bisa kehilangan point,seperti yang terjadi pada papan berikut ini:

Pada tangan kedua, Thedy memegang ♠42 ♥J8 ♦ AKQ1097 ♣ 975. Setelah RHO pass, pada kondisi semua aman, Thedy membuka penawaran dengan Mini NT (10-13), LHO overcall 2S yang didouble Fajar. Thedy kemudian bid suitnya 3D yang di pass sekeliling.

(kartu diputar untuk kenyamanan)
Barat membuka permainan dengan ♠ A dan inilah kartu dummy dan deklerer.

DUMMY
♠ J108
♥ K64
♦ 862
♣ AQ84

DEKLERER
♠ 42
♥ J8
♦ AKQ1097
♣ 975

Barat kemudian melanjutkan dengan ♠ K dan kaget ketika ♠ Q jatuh di Timur. Dengan terpaksa, Barat melanjutkan spade, yang di ruff Timur dan di overruff.

Bagaimana selanjutnya?

Thedy kemudian mencabut truf hingga semua aman dan dia mengetahui Utara awalnya pegang 4 kartu truf dengan Jack, yang kini telah jatuh.

Lama baru muncul, tiba-tiba layar vugraph menyatakan kontrak masuk. Ketika kami tanyakan bagimana dia mengeksekusinya, dia berujar main club kecil kearah 8, ketika Barat kecil Utara pun kena end-play.

Dasar perhitungan Thedy adalah sbb:
Agar kontrak masuk, Barat harus pegang ♣ K. Ditambahkan dengan 6 kartu spade yang bagus, jika dia juga pegang ♥ A, tentunya dia akan melakukan aksi lagi ketika dia menawar 3D. Tetapi itu tidak dilakukannya. Dengan asumsi demikian, Thedy pun menempatkan ♥ A ada di RHO dan bermain seperti di atas.

Di meja sebelah, pemegang kartu Selatan membuka penawaran dengan 3D, Scyvo yang duduk di Barat overcall 3S yang dinaikan Jordy ke 4S.Kontrak berhasil dipenuhi dengan double finesse heart, double score untuk Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *