Bauke Muller Jagoan Bridge Netherlands

Bauke Muller adalah pemain bridge tertua dan berpengalaman di tim nasional Netherland. Muller lahir tgl 17 February 1962 dan tinggal di Hoorn. Menikah dan mempunyai seorang anak perempuan. Dia melanglang buana bermain bridge pada tingkat level yang tinggi dan masih bekerja secara profesional sebagai researcher/Analyst.

Muller telah memenangkan 2x kejuaraan dunia tahun 1993 dan 2011. Bauke Muller memulai partnership baru dengan Simon De Wijs pada tahun 2005. Sejak awal mereka sudah menjadi tulang punggung tim nasional bridge Netherland. Mereka telah dua kali memenangkan European Open Team Championship yaitu pada tahun 2005 dan 2009 dan sangat jarang yang tidak naik podium.

Muller dan Simon menggunakan sistem artificial yang dikenal sebagai TARZAN. Penawarannya banyak menggunakan relay sehingga kurang menarik ditonton bagi yang tidak mengerti, namun mendarat pada kontrak yang tepat.

Muller telah mendapatkan penghargaan dari Ratu Belanda Beatrix atas prestasinya ini. Pada tahun 2012 Muller menerima Royal Decoration by Her Majesty Beatrix of The Netherlands. Setelah kemenangannya di Bermuda Bowl 2011, Ratu menetapkan Muller sebagai Knight in the Order of Orange-Nassau sebagai pemain bridge paling sukses seantero Netherland. Rekan satu tim mereka sekarang memanggil Muller dengan sebutan Sir Bauke. Namun pemain-pemain bridge dunia lebih mengenalnya sebagai sang profesor karena kalo bermain Muller sering berpikir lebih lama dari yang lain.

Untuk melihat kehebatan Bauke Muller mari kita saksikan satu papan yang baru saja dimainkannya dalam duel meet Netherlands – England
at ‘t Onstein (3 pasang vs 3 pasang).

Muller membuka penawaran dengan 1C strong dan artificial. Barat melakukan take out double, yang mungkin berarti Majors. Utara 1D, yang kita semua tidak tahu artinya. mungkin balans dan lemah. Timur membertahukan fit di heart. Selatan kemudian loncat ke 3S yang berarti butuh sedikit sekali untuk game, yang dinaikkan Simon de Wijs ke game 4S.

Menerima lead yang menguntungkan heart, sang profesor pun berpikir cukup lama.

Inilah kartu dummy dan deklerer.

DUMMY
♠ 653
♥ 108
♦ J932
♣ 8652

DEKLERER
♠ AJ10872
♥ AQ5
♦ AK
♣ A3

Bagaimana anda mengeksekusinya?


Seperti terlihat ada satu loser club dan 2 atau 3 loser spade. Loser club tidak bisa diapa-apain sehingga deklerer yang baik harus memikirkan bagaimana supaya spade hanya boleh kalah 2 trik saja. Semuanya aman jika truf terbagi 2-2 atau 3-1. 4-0 pun ok jika semua ada di Timur. Namun Muller bisa memainkannya jika Barat sekalipun yang pegang 4 kartu truf sesuai penawaran mereka.

Atas dobel Barat yang berarti majors, Muller dengan segera mengetahui distribusi Barat. Dengan tawaran 1H Timur, Muller meyakini bahwa Barat hanya 4-4 di warna major.

“Profesor” Muller memenangkan heart ini di Selatan dan memainkan ♦ AK dan kemudian bermain kecil club di kedua tangan. Dengan cara ini kontrak tidak bisa mati. INGAT ya, Muller melakukannya dengan tangan Barat dan Timur tertutup.

Barat kemudian kembali heart yang dimenangkan deklerer dengan ♥A dan meneruf heart. Kemudian meneruf diamond dan exit dengan ♠10.
Barat pun kena end-play. Sebuah penyelesaian yang indah dari “profesor” Muller.

Inilah kartu Barat dan Timur:

BARAT     TIMUR

♠ KQ94   ♠ void
♥ KJ94    ♥ 7632
♦ Q65     ♦ 10874
♣ K4       ♣ QJ1097

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *