Meniru Expert

Banyak pemain kelas dunia yang suka “hook” atau menawar ke atas. Mereka berpinsip, peluang mendaratkan kontrak bisa dicari atau triknya sudah tersedia dan jika tidak maka akan ada kemungkinan lawab berbuat salah.

Dalam salah satu latihan, anda melakukan undangan ke partner. Ternyata partner anda punya kekuatan yang ada di tengah-tengah. Makanya dia serba salah. Anda seolah melimpahkan kesalahan kepada partner anda dengan undangan tersebut. Apapun yang lakukan partner, jika salah, ya salah dia… Hehehe….

Dengan pegangan kartu: ♠ AQJ92 ♥ A42 ♦ 75 ♣ 654 dan mendengar partner membuka penawaran dengan 1D (presisi). Anda kemudian bid 1S. Partner 1NT, dan anda bid 2C (puppet) partner 2D, dan anda kini menawar 2S (invite). Setelah lama berpikir akhirnya partner melepaskan beban ke anda dengan menawar game 4S.

Lebih jelasnya penawaran berlangsung tanpa gangguan sbb:

S         B         U         T

                    1D          P

1S          P            1NT        P

2C          P            2D          P

2S          P            4S           semua pass

Barat memulai permainan dengan ♦6 (3/5).

Inilaha kartu dummy dan anda.

Utara

♠ 1083
♥ K98
♦ AK103
♣ K105

SELATAN

♠ AQJ94
♥ A43
♦ 85
♣ 643

Kali ini partner memberi tugas yang berat, membukukan kontrak ini.

Kalo kita lihat, partner cukup beralasan untuk menawar game, kendati hanya 13 HCP tapi banyak angka10-nya. Mungkin juga karena dia ingat prinsip para ekspert, trik ke-10 bisa dicari atau datang dengan sendirinya.

Kita hitung jumlah loser dulu. Ada 1 kemungkinan loser spade, 1 heart, 2 atau 3 loser club.

Loser heart susah anda hindari, tapi loser spade boleh berharap sang raja bisa dijepit.

Demikian juga club, mudah-mudahan posisinya menguntungkan anda. Atau bisa juga anda setup diamond, berharap QJx tiga kartu (namun peluang ini cukup kecil melihat lead lawan).

Trik pertama anda menangkan dengan ♦A, Timur ikut dengan ♦9 (ganjil). Thank you lead, opposition, karena jika saja lead club anda sudah kelabakan dari trik pertama.

Anda memulai peruntungan anda dengan memainkan ♠8 dari meja, dan ketika Timur kecil anda juga kecil. Eit…menang.

Kemudian anda lanjutkan dengan spade kecil, Utara ikut dengan ♠K. Apakah ini kartu yang benar, atau berharap anda silap?

Anda menang dengan ♠A, Barat ikut.

Berharap ♣ A di Barat boleh-boleh saja. Atau ♣ QJ di Barat juga boleh. Tergantung keberuntungan anda, namun semuanya bisa ditunda dulu.

Bagaimana rencana anda selanjutnya?

Jatuhnya ♠ K, kemungkinan 2 kartu membuka peluang lain.

Anda bisa menunda keputusan bagaimana memainkan club dan berharap ada cara lain yang bisa menambah peluang anda.

Deklerer kemudian memainkan heart ke arah 9, yang dimenangkan Timur dengan ♥10. Dia kembali menyerang diamond, kali ini dengan ♦J.

Lengkap sudah informasi yang anda dapatkan. Barat lead dari 4 kartu diamond dengan kemungkinan Timur hanya pegang doubleton ♠ K. Bagi yang teliti, kontrak anda sudah terlihat aman

Deklerer kemudian menang dengan ♦K dan melanjutkan dengan ruff diamond. Timur seperti diperkirakan ikut namun sang nyonya masih bertahan. Mainkan 2x heart yang berakhir di tangan dan kini saatnya anda main club.

Ketika barat ikut kecil, anda mainkan ♣10. Timur pun tak berdaya. Dia terpaksa memberi anda trik ke 10 karena tidak ada lagi exit yang aman. Memainka  heart ke 13 tidaklah membantu karena anda bisa loser club ditangan. Permainan semacam ini dinamakan partial elimiation, disebut partial karena masih ada truf diluar jadi eliminasinya belum sempurna.

Partner pun memberikan ucapan selamat lepada anda.
Ngomong-ngomong, meniru expertnya dimana?
Meniru expert yang dimaksud disini adalah, kalo mau hook itu ke atas untuk menang. Pikiran anda akan berkembang karena dengan gesit mencari cara untuk memenuhi kontrak anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *