Bukti Sudah Meyakinkan

Saat ini PB GABSI lagi menggencarkan perang terhadap kecurangan, “zero tolerance to cheating” sedang digaungkan, yang selama beberapa periode lalu nampak terabaikan bahkan terkesan dilindungi. Penyakit kronis ini coba diobati sehingga memulihkan kembali nama Indonesia di dunia bridge dunia. Kasus APBF Seoul dan pengunduran diri tim Kids dalam Kejuaraan dunia online diharapkan kasus terakhir yang menimpa bridge Indonesia.

 

Namun judul diatas ini tidak berhubungan dengan kecurangan, namun bukti-bukti yang didapatkan dalam permainan sehingga sebagai deklerer anda bisa menentukan pilihan cara main terbaik.

 

Dalam sebuah permainan, penawaran berlangsung sbb:

 

TIMUR   SELATAN    BARAT     UTARA
1C*      1NT        pass      2C
pass     2H         pass      4H
pass     pass       pass

 

TB= standard

 

Di kedua meja penawaran berlangsung sama dan menerima lead yang sama ♠3.
Inilah kartu dummy dan deklerer.
DUMMY
♠ 10654
♥ AQ86
♦ Q4
♣ Q84

 

Deklerer
♠ 82
♥ K743
♦ AK75
♣ A72

 

(anda mungkin heran, kok kedua selatan overcall 1NT, harap maklum partai ini terjadi di challenge).

 

Timut menang dengan ♠A dan selatan dengan ikut dengan ♠8. Timur kemudian berpindah ke ♦J yang dimenangkan oleh dummy dengan dengan ♦Q.

 

Bagaimana rencana main anda?
Anda tentu berharap heart terbagi 3-2 sehingga tidak ada loser di warna ini. Loser anda ada 4, 2 di spade dan 2 di club. Apa usaha anda untuk mengurangi loser anda?

 

Loser spade tidak bisa anda kurangi, tinggal bagaimana mengolah club.

 

Bagi yang bermain berhitung mungkin sudah terlihat cara main yang benar. Dari permainan trik pertama saja,  anda bisa memastikan bahwa ♠K ada di Barat.

 

Dengan point berdua 24 HCP, ditambah dengan 3 point dari ♠K di Barat, dapat dipastikan bahwa Timur pegang ♣K (mosok Timur buka dengan 10 HCP sih kalo kartunya balans).

 

Namun anda harus menjaga jangan sampai Barat sempat menyerang club. Inilah pentingnya anda menjatuhkan ♠8 pada trik pertama. Trik ketiga anda mainkan spade dari dummy, Timur terpaksa naik honor takut Barat dari ♠32 doubleton, dan mungkin akan kaget ketika ♠J menang dan Barat ikut dengan ♠9.

 

Timur melanjutkan diamond, yang anda menangkan dan menarik 3 putaran truf. Ruff spade yang menjatuhkan ♠K Barat. Bukti-bukti lengkap sudah. Setelah meneruf diamond terakhir di meja, anda kemudian exit dengan spade untuk kemenangan Timur. Timur pun kembali club untuk trik ke sepuluh anda.

 

Kontrak akan mati jika Barat 4 kartu spade, namun cara main deklerer sudah yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *