Great Defense, Broto

Anthony Soebroto anggota tim Mixed Indonesia yang ikut berlaga di ajang 44th Wuhan World Championship 2019 memperlihatkan defense yang ciamik pada papan berikut ini. Papan ini dimainkan pada Pertandingan  pasangan swiss piala Rektor Unsoed 2019 yang berlangsung kemaren 12 Oktober 2019 di Purwokerto.
Penawaran berlangsung singkat sbb:
S       B        U       T
1H    p        1S*    P
2H   P        4H     P
P      P
Tawaran 1S utara adalah one round force, maksimal 4 kartu spade. Sementara 2H Selatan menyatakan 6 kart heart. dan tidak ada 4 card S.
Kamto di Barat memulai permainan dengan ♠Q, inilah kartu dummy dan anda (Anthony, Timur)
Dummy
♠ 9
♥ Q9
♦ 10864
♣ AKJ652
                     Anda
                     ♠ A85
                     ♥ A72
                     ♦ AQ93
                     ♣  743
Bagaimana rencana defense anda?
Dengan 6 kartu spade di Barat yang tidak mampu melakukan overcall, Timur kemudian mereka-reka pegangan deklerer.
Jika deklerer pegang heart yang solid dengan ♦Kxx. kontrak tidak bisa mati. Deklerer bahkan bisa menarik truf dengan segera dan kemudian finesse club.
Hampir frustasi cara menemukan defense yang benar, Anthony di Timur akhirnya hanya berharap deklerer salah pilih. Dia berkesimpulan deklerer pegang ♦K sehingga tidak berguna menyerang diamond.
Menang dengan ♠A, Broto demikian dia biasa dipanggil kembali club, barat memperlihatkan 2 kartu.
Deklerer menang dengan Queen dan meneruf sekali spade di meja untuk kemudian memainkan ♥Q yang langsung diterkam Anthony.
Menang dengan ♥A, Broto kembali club.
Menang di dummy, deklerer kemudian main ♦4 yang dengan sigap dimenangkan Broto dan menyempurnakan defense-nya dengan memainkan club terakhir.
Inilah kartu deklerer:
♠ K73
♥ KJ8654
♦ K2
♣ Q9
Seperti terlihat kontrak masih selamat jika saja deklerer memilih meneruf dengan benar (honor ). Namun deklerer memilih  menempatkan ♥10 ada sama anthony dan meneruf dengan angka ♥8 sehingga kontrak pun mati. Inilah satu-satunya kontrak 4H mati pada ajang ini.
Great defense Anthony.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *