Aksimu Membuatku Memikirkan Jalan Lain

Spread the love

 

Dalam permainan bridge, setiap aksi kita baik dalam mencari kontrak terbaik maupun dalam menemukan defense terbaik atau menggangu lawan mempunyai dampak baik yang positif maupun yang negatif. Terlalu banyak bacot yang tidak perlu misalnya akan bisa dimanfaatkan oleh lawan. Namun aksi seperti ini kadang dibutuhkan juga untuk mendapatkan skor yang bagus. Memang susah ternyata bermain bridge itu. Keputusan yang tepatlah pada setiap kesempatan yang akan membawa ke arah kemenangan. Busyet, syusyah amir…

 

Informasi penawaran berikut ini dimanfaatkan betul oleh sang deklerer. Dalam kondisi aman vs bahaya, partner membuka penawaran dengan 1C natural, dengan pegangan ♠ 3 ♥ K10754 ♦ K874 ♣ 865 anda pun respon 1H. Barat pada posisi merah overcall dengan 2D. Partner bid 2S, menyatakan kekuatan ekstra. Setelah Timur pass anda buru-buru 3C untuk menyatakan kekuatan yang terbatas. Namun partner kembali bid 3H dan dengan senang hati anda naikkan ke 4H. Namun pada tangan terakhir Timur dengan keras melakukan double penalti.

Dealer: Utara
Bhy: TB 

 U  T  S  B
 1C  pass  1H  2D
 2S  pass  3C  pass
 3H  pass  4H  pass
 pass  X  semua  pass

Menerima lead ♠4 (4th best), inilah kartu dummy dan deklerer.

UTARA
♠ A752
♥ A62
♦ 6
♣ AK1093

 

SELATAN
♠ 3
♥ K10754
♦ K874
♣ 865

 

Kontrak 4HX, opening lead ♠4 (4th best). Bagaimana rencana anda?

 

Jika saja tidak ada gangguan dari timur barat, cara main yang paling normal adalah menganggap truf terbagi 3-2 dan juga club terbagi 3-2.
Namun tawaran barat dan dobel timur telah mengubah cara berpikir deklerer.

 

Bagaimana rencana anda dan asumsi-asumsi apa yang anda buat sebagai deklerer? Silakan cocokan rencana anda seperti apa yang dibuat oleh jagoan France, Jean Marc Roudinesco dalam serial MEET THE MASTER – JEAN MARC ROUDINESCO berikut ini.

(Visited 13 times, 1 visits today)